MENTORING SANTRI TPQ NURUL HADI DALAM PEMBELAJARAN DAN HAFALAN AL-QUR'AN DENGAN POLA PEMBIASAAN HARIAN

Nur Afni Aulia, Robiatul Firdauziah, Cindy Fatika Rahmah, Rodiatul Maula, Jannatul Aini, Fauziyah Hayatiy, Rikza Afkarina, Lailatul Jannah, Bilqis Alifia Septias, Hayatul Islamiyah

Abstract


Program mentoring santri TPQ Nurul Hadi dalam pembelajaran dan hafalan Al-Qur’an dengan pola pembiasaan harian dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kualitas spiritual, kognitif, dan afektif santri secara seimbang dan berkelanjutan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh lemahnya motivasi belajar serta kurangnya kedisiplinan santri dalam menghafal Al-Qur’an, sehingga diperlukan pendekatan yang lebih intensif melalui hubungan interpersonal antara mentor dan santri. Metode pelaksanaan meliputi observasi langsung, pelaksanaan harian berupa muroja’ah, setoran hafalan, bimbingan tajwid, serta kegiatan tulis-menulis Al-Qur’an dengan jadwal terstruktur sebelum dan sesudah salat Ashar. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam bacaan Al-Qur’an santri dengan tajwid yang benar melalui metode talaqqi, serta bertumbuhnya semangat belajar dan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Santri juga mulai menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari melalui internalisasi nilai-nilai Qur’ani. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil membentuk kebiasaan positif yang mendukung terbentuknya generasi muda Islam yang berkarakter Qur’ani serta siap menjadi agen kebaikan di tengah masyarakat.

Full Text:

PDF

References


‘Ulya, A., Romi, Z., Deliani, N., & Batubara, J. (2023). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan shalat wajib dan membaca Al-Qur’an di TPQ Mushalla Teladan. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 94–102. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.94

Achmadi, A., Syahmidi, & Athaillah, M. (2024). Pendampingan tadarus sebelum belajar untuk meningkatkan nilai spiritualitas siswa SD Tahfidz Al-Jamiel Palangka Raya. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, 2(4), 193–198. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1134

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Basir, T. A., Nurparid, C., & Aryani, W. D. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius siswa melalui pembiasaan dalam baca tulis Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.10646878

Daradjat, Z. (2004). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitri, M. H., Ali, U. A., & Arif, A. H. (2023). Implementasi program mentoring dalam membangun karakter religius siswa di SMP PGII 1 Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2).

Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, L. (2003). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Heny. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an dalam membentuk karakter anak. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Jalaluddin. (2012). Psikologi agama. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Khaerati, P. B., Mulkiyan, M., Nurhayati, R., & Nur, M. J. (2023). Pembinaan karakter religius melalui pembelajaran kisah teladan sahabat Nabi dan hafalan doa-doa harian di TPQ Al-Ikhlas Masjid Nurul Iman Desa Barania. Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i2.503

Kurniawan, A., Hidayah, N., & Sugiyat, S. (2023). Implementasi program mentoring dalam memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Jamsaren Surakarta. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 170–180. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v19i2.566

Logaya, S., Aziz Q., I., & Arifin, M. Z. (2023). Peran guru ngaji dalam meningkatkan minat pembiasaan membaca Al-Qur’an pada santri RTQ Subulus Sholah di Kampung Siswo Bangun Seputih Banyak. Jurnal Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.54298/jk.v8i1.391

Mustofa, A. S., Masnipal, & Sanusi, I. (2024). Implementasi program mentoring Alquran untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik MAN Cimahi. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), 4(2). https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5001

Nurlaela, S., & Setiawan, U. (2023). Pendampingan hafalan Juz 30 pada siswa sekolah dasar berbasis nilai-nilai Al-Qur’an Kampung Tegal Heas Desa Cihanjawar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 40–50.

Retnasari, L., Suyitno, & Hidayah, Y. (2019). Penguatan peran taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai pendidikan karakter religius. Jurnal SOLMA, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968

Riska, & Indriani, D. (2022). Penanaman nilai-nilai Islam pada anak-anak usia dini melalui kegiatan pengajaran Al-Qur’an di Desa Wakorambu. Wahamatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 122–130.

Sulaiman, M. (2020). Metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an: Perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45–60.

Suyadi. (2013). Psikologi pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruz Media.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, N. (2011). Metode dan teknik pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahdarohmah, N. K., & Abdullah, A. (2023). Pendampingan membaca Al-Qur’an sebelum belajar melalui kegiatan pengabdian mahasiswa IAIN Palangka Raya. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negeri, 2(5). https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i5.777

Wirayudha, R., Al-Ghazali, M. R., & Abdullah, A. (2024). Pendampingan santri TPQ Baiturrahman Palangka Raya mengenai adab dan doa harian. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.801

Zuhairini, dkk. (1983). Metodologi pengajaran agama. Surabaya: Bina Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.