MENTORING SANTRI TPQ NURUL HADI DALAM PEMBELAJARAN DAN HAFALAN AL-QUR'AN DENGAN POLA PEMBIASAAN HARIAN
Abstract
Full Text:
PDFReferences
‘Ulya, A., Romi, Z., Deliani, N., & Batubara, J. (2023). Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan shalat wajib dan membaca Al-Qur’an di TPQ Mushalla Teladan. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 94–102. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.94
Achmadi, A., Syahmidi, & Athaillah, M. (2024). Pendampingan tadarus sebelum belajar untuk meningkatkan nilai spiritualitas siswa SD Tahfidz Al-Jamiel Palangka Raya. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, 2(4), 193–198. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v2i4.1134
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Basir, T. A., Nurparid, C., & Aryani, W. D. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius siswa melalui pembiasaan dalam baca tulis Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.10646878
Daradjat, Z. (2004). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitri, M. H., Ali, U. A., & Arif, A. H. (2023). Implementasi program mentoring dalam membangun karakter religius siswa di SMP PGII 1 Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2).
Hamalik, O. (2010). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, L. (2003). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Heny. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an dalam membentuk karakter anak. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Jalaluddin. (2012). Psikologi agama. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Khaerati, P. B., Mulkiyan, M., Nurhayati, R., & Nur, M. J. (2023). Pembinaan karakter religius melalui pembelajaran kisah teladan sahabat Nabi dan hafalan doa-doa harian di TPQ Al-Ikhlas Masjid Nurul Iman Desa Barania. Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i2.503
Kurniawan, A., Hidayah, N., & Sugiyat, S. (2023). Implementasi program mentoring dalam memperbaiki kualitas bacaan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al Islam Jamsaren Surakarta. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 170–180. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v19i2.566
Logaya, S., Aziz Q., I., & Arifin, M. Z. (2023). Peran guru ngaji dalam meningkatkan minat pembiasaan membaca Al-Qur’an pada santri RTQ Subulus Sholah di Kampung Siswo Bangun Seputih Banyak. Jurnal Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.54298/jk.v8i1.391
Mustofa, A. S., Masnipal, & Sanusi, I. (2024). Implementasi program mentoring Alquran untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik MAN Cimahi. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), 4(2). https://doi.org/10.29313/jrpai.v4i2.5001
Nurlaela, S., & Setiawan, U. (2023). Pendampingan hafalan Juz 30 pada siswa sekolah dasar berbasis nilai-nilai Al-Qur’an Kampung Tegal Heas Desa Cihanjawar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 40–50.
Retnasari, L., Suyitno, & Hidayah, Y. (2019). Penguatan peran taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai pendidikan karakter religius. Jurnal SOLMA, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968
Riska, & Indriani, D. (2022). Penanaman nilai-nilai Islam pada anak-anak usia dini melalui kegiatan pengajaran Al-Qur’an di Desa Wakorambu. Wahamatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 122–130.
Sulaiman, M. (2020). Metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an: Perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45–60.
Suyadi. (2013). Psikologi pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruz Media.
Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, N. (2011). Metode dan teknik pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahdarohmah, N. K., & Abdullah, A. (2023). Pendampingan membaca Al-Qur’an sebelum belajar melalui kegiatan pengabdian mahasiswa IAIN Palangka Raya. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negeri, 2(5). https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i5.777
Wirayudha, R., Al-Ghazali, M. R., & Abdullah, A. (2024). Pendampingan santri TPQ Baiturrahman Palangka Raya mengenai adab dan doa harian. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.801
Zuhairini, dkk. (1983). Metodologi pengajaran agama. Surabaya: Bina Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.