PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBIAYAAN PUBLIC PRIVATE PARATNERSHIP (PPP) DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN BERKUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN

Moh Rifa'i, Riska Qurratu Aini, Viviana Dewi Safitri, Rofiqotul Muhaiminah

Abstract


Pendampingan implementasi model pembiayaan Public Private Partnership (PPP) dalam mewujudkan layanan berkualitas menjadi strategi bagi lembaga-lembaga Pendidikan yang minim dana guna mewujudkan layanan yang bermutu. Pendampingan bertujuan guna menetapkan implementasi model pembiayaan keuangan yang profesional, transparan, serta berbasis prinsip efektivitas dan efisiensi sehingga menjadi strategi yang tepat dalam menyegerakan layanan yang berkualitas. Dengannya, lembaga pendidikan dapat memperkuat daya dukung pembiayaan terhadap program prioritas, meningkatkan mutu layanan, serta memperluas akses pendidikan yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara mengimplementasikan pendekatan PAR (Participatory Action Research) yang dikuatkan dengan metode survey lapangan, analisis masalah yang berkembang pada mitra, FGD (Focus Group Discussion), analisis SWOT, solusi dan tindakan langsung di lapangan yang terdiri atas program pendampingan dalam menentukan model pembiayaan PPP yang berimplikasi terhadap terujudnya layanan pendidikan yang berkualitas melalui fasilitas SIAKAD. Pendampingan dalam penyusunan program yang berimplikasi terhadap pemenuhan kebutuhan biaya, pendampingan dan sebagainya. Hasil pengabdian ini menjelaskan beberapa tahapan solusi yang dikerjakan antara lain dengan identifikasi awal kondisi mitra, komunikasi aktif dan jalinan Kerjasama dengan pihak ketiga, serta pelaksanaan MoU antara Lembaga mitra dengan pihak ketiga yaitu KPT (Konsultan Perguruan Tinggi) Bogor.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….

Arifudin, O., Sonia, N. R., Darmawan, P. A., R, J. S. A. A., Abbas, D. S., & Saputro, A. N. C. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan.

Baharun, H., Mundiri, A., Zamroni, Z., & Jannah, F. (2021). Quality Assurance of Education in Senior High School during Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2203–2212.

Connaway, L. S., & Powell, R. R. (2010). Basic research methods for librarians. ABC-CLIO.

Fattah, N., & Gautama, B. P. (2017). Penerapan Biaya Pendidikan Berbasis Activity-Based Costing dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Mimbar Pendidikan, 2(1).

Hartono, D., Aliyah, H., Safitri, O., & Ciputri, O. (2023). Analysis of The Implementation of The Management Planning, Organizing, Actuating, Controlling in BES PPJA (Case Study of The Santri Executive Board of The Jagad ‘Alimussirry). Journal Intellectual Sufism Research (JISR), 6(1), 12–28.

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.

Masrul, Muhammad, M. R. (2021). Penelitian Tindakan Madrasah: Strategi Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah (Seri Manajemen Pendidikan Islam).

Maulana, A., Dian, D., & Jahari, J. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 89–96.

Mesiono, M., & Roslaeni, R. (2021). Model-Model Pembiayaan Pendidikan (Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Institusi Pendidikan). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51672/jbpi.v2i1.10

Mora, A., Isnanto, R. R., & Dwi, O. (2016). Evaluasi Kinerja Organisasi Publik dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard dan Analytic Network Process. 02, 124–132. https://doi.org/10.21456/vol6iss2pp124-132

Mukhlasin, A. dan M. H. P. (2020). ANALISIS SWOT DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN DAN MENGAMBIL KEBIJAKAN. Invention, 1(1), 33–43.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138.

Munandar, A. (2020). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 73–97. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.132

Napitupulu, D. S. (2019). Komunikasi organisasi pendidikan islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 127–136.

Nasional, M. P. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA No 19 2027. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI NO 19 Tahun 2007, 19 2027(235), 245.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i, M. (2023). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue April).

Rifa’i, M. F. (2019). MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASCAUNIFIKASI PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. 7(74), 140–147.

Rifa’i, M., & Hamida. (2022). Strategi humas kepala madin dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(1), 98–106. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.437

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sari, A. I., Nuraini, N., Fauziah, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2023). Win-Win Solution Dan Produktivitas Organisasi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 18–28.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan mutu sekolah melalui manajemen hubungan masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207.

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301.

Sihombing, D., & Samosir, H. (2021). Optimalisasi peran manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 612–622.

Sujoko, E. (2017). STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83–96.

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Transparansi Hukum, 2(1).

Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas komunikasi negosiasi dalam Bisnis. Komunike, 9(2), 105–122.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.