PENINGKATAN KUALITAS GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Ismi Qurotul Aini, Ais Eka Raehan Fadlilah, Ayu Sriwiyanti, Eny Mariyatun Nabila, Nur Syaiin Ningrum, musliati musliati, Anisa Dina Magfiroh, Siti Nur Ainatul Maula, Khairiyah Khairiyah, Risqotul Hasanah

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini membahas Peningkatan kualitas guru dan pengelola lembaga pendidikan Islam merupakan langkah strategis dalam membangun sistem pendidikan yang unggul dan relevan dengan perkembangan zaman. Guru dan pengelola yang berkualitas memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan tata kelola lembaga yang profesional. Upaya peningkatan kualitas ini dilakukan melalui pelatihan, pendampingan, serta penguatan kompetensi pedagogis, manajerial, dan kepemimpinan. Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, studi kasus, dan simulasi lapangan yang disesuaikan dengan konteks lembaga masing-masing. Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap perencanaan program pembelajaran, pengelolaan sumber daya, dan penciptaan budaya kerja kolaboratif. Selain itu, kegiatan ini mendorong peserta untuk menerapkan prinsip manajemen mutu secara berkelanjutan. Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu guru dan pengelola, serta memperkuat peran lembaga pendidikan Islam dalam membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan spiritual.

Full Text:

PDF

References


UMMI Foundation. (2021). Panduan Pelatihan dan Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode UMMI. Surabaya: UMMI Foundatio

Harun, M. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era buatGlobal. Bandung: Remaja Rosdakary

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pedagogia

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bahrudin, & Rifa’i, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Santri. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 1–21.

Bariah, K., & Assya’bani, R. (2019). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Studi Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Integral Al-Ukhuwwah Banjang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 3(2). https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.169

Masrul, Muhammad, M. R. (2021). Penelitian Tindakan Madrasah: Strategi Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah (Seri Manajemen Pendidikan Islam).

Moh. Rifa’i, E. S. (2020). Life Skill Education Through Extracurricular Religion In The Tunadagsa Children In SLBN Gending. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 3(2), 357–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.3991379

Rifa’i, M. (2016). Implementasi Pembelajaran Integrated Antara Imtaq Dan Iptek. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Rifa’i, M. (2018). Kajian Masyarakat Beragama Perspektif Pendekatan Sosiologis. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 23–35.

Rifa’i, M. (2023). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue April).

Rifa’i, M., & Diyah, W. M. (2019). Agensi Perempuan Dalam Manajemen Pendidikan Madrasah: Belajar Dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 18(1), 96. https://doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6862

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Medtek, 3(Oktober), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.