KADERISASI SDM DALAM BIDANG KESEKRETARIATAN DI PONDOK PESANTREN ROFI’ATUL ISLAM PROBOLINGGO

Moh Fathur Rozi, Abu Yasit Asfillah, Muhammad Fadlur Rahman, Nur Riski Hariyanto, Imron Abdul Qodir

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesekretariatan melalui program kaderisasi santri di Pondok Pesantren Rofi’atul Islam, Sentong Krejengan Probolinggo. Kesekretariatan memiliki peran strategis dalam menunjang kelancaran administrasi organisasi pesantren, sehingga diperlukan kader yang kompeten, terampil, dan berintegritas. Program ini dilaksanakan melalui enam metode utama, yakni: sosialisasi tugas kesekretariatan, seleksi calon kader potensial, pelatihan teknis, praktik lapangan, pendampingan intensif, serta evaluasi dan pemberian tanggung jawab secara bertahap. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif berbasis praktik langsung dan pembinaan berkelanjutan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan santri, khususnya dalam penulisan surat resmi, pencatatan notulen, pengelolaan arsip, serta komunikasi lisan dan tulisan yang efektif. Selain itu, proses kaderisasi ini turut membentuk karakter santri yang disiplin, teliti, dan bertanggung jawab. Hasil pengabdian dalam rangka membentuk kaderisasi sekretaris ini dilakukan dengan cara pendekatan diri kepada para kaderisasi.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Ainur Rizqi. (2022). PENANAMAN RELIGIOUS CULTURE DI PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Ishlah). PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 47–61. https://doi.org/10.56910/pustaka.v2i4.170

Aujero-Blanza, M. G., Laman, M. J. C., Pelaez, J. C., & Hosenilla, R. G. (2023). Bridging Theory and Practice: A Qualitative Inquiry into the On-the-Job Training (OJT) Experiences of Hospitality Management Students at West Visayas State University- Lambunao. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(4), 957–977. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i4.2205

Di, P., Pesantren, P., Rejang, K., Bengkulu, L., & Taufiqurrahman, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu A . Introduction / Pendahuluan Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua yang ada di Indonesia . Pondok pesantren merupakan tempat belajar dan tempat tinggal para santri yan. 18(1), 203–220.

Fasae, F. B. K. (2023). The Fundamentals and Indispensability of the Secretarial Profession in The 21st Century. International Journal of Business and Management Review, 11(11), 35–49. https://doi.org/10.37745/ijbmr.2013/vol11n113549

Fasae, F. B. K. (2024). The Secretarial Profession in the Digital Age: Adapting to Technological Advancements. International Journal of Management Technology, 11(2), 21–33. https://doi.org/10.37745/ijmt.2013/vol11n22133

Isdaryani, I. (2023). Manajemen Kearsipan Untuk Mewujudkan Birokrasi Sadar Arsip di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24821/jap.v3i1.6967

Mardiah Astuti, Herlina Herlina, Ibrahim Ibrahim, Aldi Junandar, M. Bagus Prasetyo, & Dini Marega. (2023). Mengoptimalkan Peran Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 157–168. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.237

Molaro, A. (2019). Meetings: A framework to improve effectiveness and employee satisfaction. Library Leadership and Management, 33(2), 1–10. https://doi.org/10.5860/llm.v33i2.7321

Morizkavenlia, D., & Sudarmini. (2019). Genre Kesalahan Berbahasa Pada Jurnal Karimah Periode. Genre, 1(1), 42–45. ttp://journal2.uad.ac.id/index.php/genre/index

Muhammad Rozani, & Alim Bahri. (2023). Nilai Kearifan Lokal dan Strata Sosial Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kemuja, Kabupaten Bangka. Jurnal Sosial Humaniora, 14(1), 93–105. https://doi.org/10.30997/jsh.v14i1.6236

Nurlaelah, N. (2022). Program bimbingan Musyrif dan Musyrifah di pondok pesantren. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 239. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7621

Ponce Ceballos, S., García-Cabrero, B., Islas Cervantes, D., Martínez Soto, Y., & Serna Rodríguez, A. (2018). De la tutoría a la mentoría. Reflexiones en torno a la diversidad del trabajo docente. Páginas de Educación, 11(2), 215–235. https://doi.org/10.22235/pe.v11i2.1635

PUTRI, I. Z. A. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Langkah Strategis Pengelolaan Dalam Suatu Organisasi. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(4), 188–194. https://doi.org/10.51878/manajerial.v4i4.3810

Rasidi, A. (2022). Manajemen Strategik Dan Boarding School Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren(Studi Kasus Di MA Syaikh Zainuddin Nw Anjani). PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 460–472. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.2276

Ribka Br Keliat, & Usman Alhudawi. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Etika Dalam Filsafat Pendidikan Untuk Membangun Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegara Indonesia, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i1.156

Ridho, M. T. (1988). ( Studi Kasus di Pesantren Maslakul Huda Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah ). 127–134.

Ritonga, A. H., Jamil, M., Harvius, H., & Mukhlishin, A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian, 12(2), 427. https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4140

Rojudin. (2023). Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Pesantren Salaf. JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah, 1(1), 40–53. https://doi.org/10.61444/jmpt.v1i1.5

Syaifin, R. A. (2023). The Role of the Manager of Darud Da’wah Wal-Irsyad Ar-Rahman Galla Raya Islamic Boarding School in Fostering Santri’s Morals. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 5193–5202. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6866

Syed Azman, S. M., Mohd Bashari, N., Suhairom, N., & Salleh, S. (2023). The Cutting-Edge Secretarial Office Technology Management Competency in Millennial Era. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(5). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i5/16100

Triyanto, & Fadhilah, N. (2018). Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179.

Van Arensbergen, P., Van Der Weijden, I., & Van Den Besselaar, P. (2014). The selection of talent as a group process. A literature review on the social dynamics of decision making in grant panels. Research Evaluation, 23(4), 298–311. https://doi.org/10.1093/reseval/rvu017

Wulandari, N., & Djamil HS, M. (2022). Peranan Sekretaris dalam Kelancaran Administrasi pada Kejaksaan Negeri Banda Aceh. Journal of Law and Economics, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.56347/jle.v1i2.111

Yunita Lisnaningtyas Utami, Nur Fani Arisnawati, & Muhammad Izzat Firdausi. (2025). Membangun Budaya Santri Sadar Pajak Melalui Inklusi Pajak Guna Mempersiapkan Generasi Emas Sadar Pajak Sejak Dini Di Lingkungan Pondok Pesantren Daarul Husna Kudus. Jurnal Padamu Negeri, 2(1), 52–58. https://doi.org/10.69714/w2tx5v61

Yusutria, Y. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 61–68. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833

Zakaria, G. A. N., & Yusmaliana, D. (2023). Management of Education Boarding Schools. EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v3i1.60

Mahfudz, M. (2020). Karakter Santri dan Penguatan Sistem Kolektif. Jurnal Pendidikan Karakter Pesantren, 3(2), 101–113.

Wiyono, H. (2016). Korespondensi dan Tata Naskah Dinas. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuliana, S. (2023). Pelatihan Notulensi untuk Pengurus OSIS dan Santri. Jurnal Abdimas Inspiratif, 3(2), 56–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.