PENDAMPINGAN ANAK DIDIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR'AN DI TPQ RAUDLATUL ULUM

Mirza Fathuddin Daff, Alvin Nur Hidayah, Muhammad Firdaus Mahmud, Muhammad Shofi Sutrisno, Ahmad Mustofa

Abstract


Kualitas bacaan Al-Qur’an yang baik adalah hal yang sangat didamba-dambkan oleh semua umat islam, karena bacaan Al-Qur’an yang baik menandakan bahwa kualitas sebuah individu, khususnya anak anak, anak anak sebagai masa depan umat selayaknya bisa membaca Al-Quran dengan baik, anak anak yang masih dalam masa keemasan harus dibimbing dengan baik dalam belajar membaca Al_Qur’an, dalam melaksanakan pengajaran demi meningkatkan kualitas bacaan tersebut diperlukan metode dan sistembelajar yang baik agar bisa mencapai kualitas bacaan Al-Qur’an yang diinginkan, selain itu diperlukan juga pendamping belajar yang berguna untuk memaksimalkan metode dan sistem yang sudah direncanakan. Program pengabdian ini dilakukan denga menggunakan metode analisis terhadap metode dan sistem belajar, bahkan alur pendampingan belajar, data data yang diperoleh kemudian didiskusikan guna mencari solusi dan mengetahui secara matang alur kegaiatan pembelajaran Al-Qur’an yang dilaksanakan. Kemudia langkah berikutnya adalah pemberian solusi dan saran terhadap metode belajar, sistem belajar, dan pendampingan belajar yang bisa dikombinaskan dengan beberapa pendekatan agar bisa menarik minat baca dan berlajar Al-Qur’an, khususnya terhadap anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….

Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261

Alfian Nurul Khoirulloh, H., & Husna Nashihin. (2023). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren TahfidzulQur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 863.

Connaway, L. S., & Powell, R. R. (2010). Basic research methods for librarians. ABC-CLIO.

Fatimah, M. (2020). Metode Tahfizh Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Klaten. Mamba’ul ’Ulum, 16(2), 1–16. https://doi.org/10.54090/mu.13

Firdaus, M. (2019). Qu'ani Sidogiri: Metode inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Al-Qur'an Journal, 7(1), 67-80.

Firsty, D., Farabi, A. L., Studi, P., Ilmu, P., Sosial, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) TERINTEGRASI AL- QUR ’ AN DI MTs SUNAN AMPEL PARE.

Hidayat, N. (2022). Peningkatan kemampuan tajwid pada santri dengan metode Qu'ani Sidogiri di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Pengajaran Islam, 10(3), 111-124.

Kurniawan, D. (2020). Strategi pengajaran Al-Qur'an di pondok pesantren: Metode dan implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4), 205-219.

Maulana, S. (2021). Evaluasi metode Qu'ani Sidogiri dalam pembelajaran Al-Qur'an di pesantren-pesantren besar. Jurnal Studi Al-Qur'an, 6(2), 58-72.

Pondok Pesantren Sidogiri. (2020). Panduan Metode Qu’ani Sidogiri. Pasuruan: Sidogiri Press.

Rahman, A., & Fathurrahman, M. (2022). "Efektivitas Metode Qu’ani dalam Meningkatkan Kemampuan Mengaji Santri di Pesantren Tradisional". Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 123-135.

Sabatyasno, A. Y., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya menjaga kondisi sekolah yang sehat untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III: Tinjauan terhadap kesiapan sekolah dalam menciptakan budaya sekolah sehat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1220-1232.

Sihite, N. W., Podojoyo, P., & Yusuf, M. (2021). Edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Teratai. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(2), 181-190.

Siregar, H. (2019). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sitorus, A. S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Di MTs As-Syarif (Doctoral dissertation, UIN Sumatera Utara).

Umboro, R. O., Ulandari, A. S., & Ramdaniah, P. (2022). Peningkatan Kesadaran Menjaga Kesehatan Diri Dan Lingkungan Pada Anak Usia Sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2027-2033.

Wasilah, A. R. (2022). Finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan seni anak usia dini di KB merak ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zachroh, V. A., & Farhana, H. (2024). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Pembiasaan Membuang Sampah. Educational Journal of Bhayangkara, 4(1), 1-9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.