MEMBANGUN KARAKTER SANTRI MELALUI PROGRAM PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN

Ach. Ulul Azmi, Ahmad Ali Fauzan, Narjul Ghufran

Abstract


Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda, khususnya para santri. Karakter yang kuat menjadi pondasi utama dalam menghadapi tantangan zaman modern yang semakin kompleks. Salah satu pendekatan efektif dalam membangun karakter santri adalah melalui program pengabdian, yang memberikan pengalaman nyata untuk menerapkan nilai-nilai keislaman, kepemimpinan, dan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Baroroh, A. Z, Khobir, A. (2024). Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Anak Muda di Era Modern. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Perpajakan.

Fajrul, M.F. (2023). Inovasi Pendidikan Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 7(01), 47-61.

Kholifah, A. (2022). Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(3).

Kompasiana. (2023). Inovasi dalam Mendorong Perubahan Pendidikan di Kalangan Pesantren.

Ramadhan, A. (2023). Pendekatan Sistematis dalam Pendidikan Karakter Pesantren: Model dan Implementasi. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 12(1), 33- 47.

Hasanah, U. (2020). Pembiasaan Nilai-nilai Keislaman dalam Kehidupan Sehari-hari Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 45-54.

Azizah, R. (2023). Model Program Pengabdian Masyarakat untuk Penguatan Karakter Santri di Era Digital. Jurnal Pengembangan Pendidikan Islam, 11(1), 22-35.

Rahman, F., & Lestari, D. (2021). Implementasi Program Pengabdian Masyarakat dalam Penguatan Karakter Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial, 9(1), 45-57.

Suryani, N., & Prasetyo, B. (2022). Pengabdian Masyarakat Berbasis Pendidikan Karakter di Pesantren: Pendekatan Keteladanan dan Partisipasi Santri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Islam, 5(2), 78-89.

Wulandari, S., & Hidayat, R. (2020). Efektivitas Pendekatan Pembiasaan dan Keteladanan dalam Pendidikan Karakter Santri. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 8(3), 112-121.

Hidayat, M., & Sari, N. (2022). Penguatan Nilai Spiritual dan Akhlak Mulia Melalui Pembiasaan Ibadah di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 134-145.

Ramadhani, A., & Lutfiah, S. (2021). Peran Kajian Keislaman dalam Pembinaan Karakter Santri di Lingkungan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter, 8(1), 56-68.

Fauzi, M. (2020). Proyek Sosial Berbasis Komunitas sebagai Media Penguatan Kepedulian Sosial Santri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Islam, 4(3), 99-110.

Nurhadi, D. (2023). Implementasi Proyek Sosial Berbasis Komunitas untuk Meningkatkan Kontribusi Santri terhadap Masyarakat. Jurnal Pengembangan Pendidikan Islam, 12(1), 45-58.

Ahmad, S., & Wibowo, T. (2021). Proses Pendidikan Karakter di Pesantren: Pendekatan Berkelanjutan dan Konsistensi dalam Pembinaan Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 112-123.

Hasan, M. (2020). Ketekunan dan Ketelatenan dalam Pembentukan Karakter Santri: Studi di Pondok Pesantren Tradisional. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 45-56.

Fauzi, M. (2022). Analogi Besi Panas dalam Pendidikan Karakter Santri: Memahami Proses Pembentukan yang Tidak Instan. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat, 9(2), 101-110.

Ilahi, M. W. (2024). Manajemen Program Pengabdian Santri dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik: Studi Kasus di Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Al-Yasini. Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Asmuni Zain, Zainul Mustain, Rokim. (n.d.). Penguatan Nilai-Nilai Spiritual dan Moralitas di Era Digital melalui Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Bangil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.