STRATEGI MANAJEMEN SDM DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SANTRI
Abstract
Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan yang memiliki karakter khas di Indonesia. Pesantren tidak hanya menjadi tempat memperdalam ilmu agama namun juga menjadi tempat mengasah kemampuan potensial bagi santrinya. Tujuan pengabdian ini adalah membantu pesantren untuk mewadahi santri dalam aktualisasi diri melalui pengembangan minat dan bakatnya. Metode dalam kegiatan ini menggunakan Kualitatif. Melalui pendekatan tersebut, kami melibatkan pihak pengasuhan dan seluruh santri untuk mengembangkan kekuatan pada diri masing-masing individu dengan memfokuskan pada tahapan perencanaan, aktualisasi dan evaluasi. Sasaran pengabdian ini merupakan seluruh santri dan pihak pengasuhan dalam hal pengelolaan dan kontinuitas program. Adapun evaluasi dari kegiatan ini bahwa pelibatan pimpinan, pengasuhan dan santri perlu dioptimalkan dengan dukungan dan motivasi. Melalui observasi secara langsung dan penyebaran survei terkait pengembangan minat bakat yang dilakukan, santri memerlukan wadah untuk mengembangkan minat bakat yang pada akhirnya bisa diaktualisasikan melalui keikutsertaan lomba dan ajang seni di tingkat lokal dan nasional. Pengabdian ini menghasilkan hadirnya kelompok-kelompok santri berbasis seni yaitu kelompok seni bela diri,
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alfurqan. (2019). Perkembangan Pesantren dari Masa ke Masa. Hadharah: Jurnal Keislaman dan Peradaban, 13, 1–16.
Faules, R. W. P. & D. F. (2005). Komunikasi Organisasi (Deddy Mulyana (ed.)).
Rosdakarya Bandung.
Hidayat, A. Z., Zulaikha, S., & Rochanah, S. (2023). Evaluation of Student Interest and Talent Development Program At Yasporbi 1 Elementary School. International Education Trend Issues, 1(3), 143–152. https://doi.org/10.56442/ieti.v1i3.196
Komariyah, N. (2016). Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 221–240.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 61–
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Majid, S., RS, S., & Fakhruroji, M. (2018). Manajemen Strategi Pesantren dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Santri. Tadbir : Jurnal Manajemen Dakwah, 3(1), 67–83. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tadbir/article/view/158
oktaviani fani. (2019). Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Minat Dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Joyful Learning Journal, 8(4), 184–192.
Pendidikan, P. P. N. 19 tentang S. N. (2005). Government Concerning, Regulation Number 19 of 2005 Standards, National Education.
Wacahyani, D. M., & Ningrum, R. T. P. (2021). Santri Berbakat: Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Muhadhoroh pada Santri Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i1.1212
Refbacks
- There are currently no refbacks.