EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE BUKU SAKU AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI LEMBAGA UNGGULAN MAN-PK MAN 1 PROBOLINGGO PONDOK PESANTREN NURUL JADID

Maimanatin Haniatin MH, I’anatut Tholibah, Uswatun Hasanah, Wardatun Na’mah

Abstract


Pembelajaran kitab kuning akan lebih efektif apabila adanya
metode cepat membaca kitab. Buku saku Al-Asas di buat
khusus untuk mempermudah proses awal dalam
pembelajaran kitab kuning Madrasah Aliyah Negeri Program
Keagamaan (MAN PK). Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji efektivitas penggunaan metode Buku Saku Al-Asas
dalam mempercepat kemampuan membaca dan meningkatkan
pemahaman siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Aliyah
Negeri Program Keagamaan (MAN-PK). Latar belakang
penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan membaca
kitab kuning dalam konteks pendidikan agama Islam di
Indonesia, namun banyak siswa yang masih kesulitan dalam
mempelajarinya dengan metode tradisional. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan
desain pre-test dan post-test untuk mengukur perbedaan
kemampuan membaca dan pemahaman siswa antara
kelompok eksperimen yang menggunakan Buku Saku AlAsas dan kelompok kontrol yang menggunakan metode
pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan Buku Saku Al-Asas signifikan
meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman siswi
terhadap kitab kuning, dengan siswi pada kelompok
eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih cepat dan
mendalam dibandingkan kelompok kontrol. Kontribusi
penelitian ini adalah memberikan wawasan baru tentang
efektivitas metode Buku Saku Al-Asas sebagai alat bantu
pembelajaran yang praktis dan terstruktur, serta menjadi
alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan
agama Islam di lembaga pendidikan seperti MAN-PK.

Full Text:

PDF

References


Bayraktar, O. (2019). Learning organizations. Handbook of Research on Positive

Organizational Behavior for Improved Workplace Performance, 276–29.

https://doi.org/10.4018/978-1-7998-0058-3.ch016

Bhattacharya, I., & Sharma, K. (2007). Asian Journal of Distance Education India in

the Knowledge Economy: An Electronic Paradigm. 5(1), 40–53.

http://www.asianjde.org

Calderón, M., Slavin, R., & Sánchez, M. (2011). Effective Instruction for english

learners. Future of Children, 21(1), 103–127.

https://doi.org/10.1353/foc.2011.0007

Casey, S. (2000). No excuses high performing high poverty (Issue 4).

Eferi, L. (2015). MANAJEMEN BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT UNTUK

MENINGKATKAN CITRA SMA Eferi.

Falah, Muhammad Badrul, Astina Chairani, S. M. (2023). Efektivitas

Pembelajaran Qowā’id Nahwi Dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah Di

Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok

Manggisan Tahun 2023. LINCA Jurnal Kajian Bahasa, 1(1), 19–27.

https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/linca/index%0AEfektivitas

Fauzan, I., & Muslimin. (2018). Efektifitas Metode Sorogan dalam Meningkatkan

Minat Belajar Santri…. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi

Keislaman, 8(1), 69–80.

Febriyanti, L. R., Subekti, A., & Musthofa, I. (2021). VICRATINA : Jurnal

Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 4 Tahun 2023 ISSN: VICRATINA: Jurnal

Pendidikan Islam, 6(4), 51–58.

Hafid, H., & Fawaidi, B. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Klasikal

dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Lumajang. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 15(1), 13–24.

https://doi.org/10.47766/itqan.v15i1.2013

Hanifansyah, S. B. & N. (2024). Shaut Al- ‘ Arabiyah. 12(2), 506–517.

Haske, A. sugiansih. (2021). Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama

Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon Kementerian Agama Republik

Indonesia Institut Agama Islam Negeri ( Iain ). 1410160051.

https://info.syekhnurjati.ac.id/

JASMINE, K. (2014). Metode Pembelajaran Al Miftah Lil Ulum.

Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan

Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(1), 35–48.

Kim, G., Humble, J., Debois, P., & Willis, J. (n.d.). Brief Summary of The DevOps

Handbook How to create world class agility , reliability and security in technology.

–22.

Muniro, M., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2023). Penggunaan Metode Al-Miftah Lil

Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan

Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(1), 1–21.

https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i1.1-21

Mustaqim, gianto khoirul. (2022). Implementasi metode al-miftah lil ulum dalam

meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning pada siswa lembaga

pendidikan bahasa arab al-azhar pare kediri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–67.

Novak, J. D. (2010). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as

facilitative tools in schools and corporations. Journal of E-Learning and

Knowledge Society, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.5860/choice.36-1103

Penulis, T., dr Bernadheta Nadeak, Mp., Opan Arifudin, Mp., Marwidin Mustafa,

Mp., Wahyuni Choiriyati, Ss., Ita Musfirowati Hanika SAP, Ms., Rahman

Tanjung, Mik., & Dra Gracia Rachmi Adiarsi, M. (2020). MANAJEMEN

HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. www.penerbitwidina.com

Pokhrel, S. (2024). STRATEGI PEMBINA DALAM MENINGKATKAN

KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK

PESANTREN ZUBDATUL ASRAR NU KOTA PAREPARE OLEH. Αγαη,

(1), 37–48.

Rose, C., & Tracy, B. (1998). Accelerated Learning for th the 20 Century. March, 7–8.

Schmoker, M. (2019). ASCD Study Guide for Focus by Mike Schmoker STUDY

GUIDE FOR Focus Elevating the Essentials to Radically Improve Student

Learning. 3, 2–3. www.ascd.org/FocusG.

Snow, C. E., Burns, S. M., & Griffin, P. (2022). Preventing reading difficulties in

young children: Committee on the Prevention of Reading Difficulties in

Young Children. In National Research Council (Vol. 25, Issue 1).

www.nap.edu/readingroom/books/prdyc/

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya

dalam KTSP. 15–59


Refbacks

  • There are currently no refbacks.