EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE BUKU SAKU AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI LEMBAGA UNGGULAN MAN-PK MAN 1 PROBOLINGGO PONDOK PESANTREN NURUL JADID
Abstract
metode cepat membaca kitab. Buku saku Al-Asas di buat
khusus untuk mempermudah proses awal dalam
pembelajaran kitab kuning Madrasah Aliyah Negeri Program
Keagamaan (MAN PK). Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji efektivitas penggunaan metode Buku Saku Al-Asas
dalam mempercepat kemampuan membaca dan meningkatkan
pemahaman siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Aliyah
Negeri Program Keagamaan (MAN-PK). Latar belakang
penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan membaca
kitab kuning dalam konteks pendidikan agama Islam di
Indonesia, namun banyak siswa yang masih kesulitan dalam
mempelajarinya dengan metode tradisional. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan
desain pre-test dan post-test untuk mengukur perbedaan
kemampuan membaca dan pemahaman siswa antara
kelompok eksperimen yang menggunakan Buku Saku AlAsas dan kelompok kontrol yang menggunakan metode
pembelajaran tradisional. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan Buku Saku Al-Asas signifikan
meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman siswi
terhadap kitab kuning, dengan siswi pada kelompok
eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih cepat dan
mendalam dibandingkan kelompok kontrol. Kontribusi
penelitian ini adalah memberikan wawasan baru tentang
efektivitas metode Buku Saku Al-Asas sebagai alat bantu
pembelajaran yang praktis dan terstruktur, serta menjadi
alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan
agama Islam di lembaga pendidikan seperti MAN-PK.
Full Text:
PDFReferences
Bayraktar, O. (2019). Learning organizations. Handbook of Research on Positive
Organizational Behavior for Improved Workplace Performance, 276–29.
https://doi.org/10.4018/978-1-7998-0058-3.ch016
Bhattacharya, I., & Sharma, K. (2007). Asian Journal of Distance Education India in
the Knowledge Economy: An Electronic Paradigm. 5(1), 40–53.
http://www.asianjde.org
Calderón, M., Slavin, R., & Sánchez, M. (2011). Effective Instruction for english
learners. Future of Children, 21(1), 103–127.
https://doi.org/10.1353/foc.2011.0007
Casey, S. (2000). No excuses high performing high poverty (Issue 4).
Eferi, L. (2015). MANAJEMEN BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT UNTUK
MENINGKATKAN CITRA SMA Eferi.
Falah, Muhammad Badrul, Astina Chairani, S. M. (2023). Efektivitas
Pembelajaran Qowā’id Nahwi Dengan Kitab Mabādi An-Nahwiyah Di
Pendidikan Diniyah Formal (Pdf) Kelas X Pondok Pesantren Al Mubaarok
Manggisan Tahun 2023. LINCA Jurnal Kajian Bahasa, 1(1), 19–27.
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/linca/index%0AEfektivitas
Fauzan, I., & Muslimin. (2018). Efektifitas Metode Sorogan dalam Meningkatkan
Minat Belajar Santri…. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi
Keislaman, 8(1), 69–80.
Febriyanti, L. R., Subekti, A., & Musthofa, I. (2021). VICRATINA : Jurnal
Pendidikan Islam Volume 8 Nomor 4 Tahun 2023 ISSN: VICRATINA: Jurnal
Pendidikan Islam, 6(4), 51–58.
Hafid, H., & Fawaidi, B. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Klasikal
dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Ulum
Lumajang. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 15(1), 13–24.
https://doi.org/10.47766/itqan.v15i1.2013
Hanifansyah, S. B. & N. (2024). Shaut Al- ‘ Arabiyah. 12(2), 506–517.
Haske, A. sugiansih. (2021). Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama
Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon Kementerian Agama Republik
Indonesia Institut Agama Islam Negeri ( Iain ). 1410160051.
https://info.syekhnurjati.ac.id/
JASMINE, K. (2014). Metode Pembelajaran Al Miftah Lil Ulum.
Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan
Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(1), 35–48.
Kim, G., Humble, J., Debois, P., & Willis, J. (n.d.). Brief Summary of The DevOps
Handbook How to create world class agility , reliability and security in technology.
–22.
Muniro, M., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2023). Penggunaan Metode Al-Miftah Lil
Ulum Dalam Membaca Kitab Kuning. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan
Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(1), 1–21.
https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i1.1-21
Mustaqim, gianto khoirul. (2022). Implementasi metode al-miftah lil ulum dalam
meningkatkan kompetensi membaca kitab kuning pada siswa lembaga
pendidikan bahasa arab al-azhar pare kediri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1–67.
Novak, J. D. (2010). Learning, creating, and using knowledge: Concept maps as
facilitative tools in schools and corporations. Journal of E-Learning and
Knowledge Society, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.5860/choice.36-1103
Penulis, T., dr Bernadheta Nadeak, Mp., Opan Arifudin, Mp., Marwidin Mustafa,
Mp., Wahyuni Choiriyati, Ss., Ita Musfirowati Hanika SAP, Ms., Rahman
Tanjung, Mik., & Dra Gracia Rachmi Adiarsi, M. (2020). MANAJEMEN
HUMAS PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. www.penerbitwidina.com
Pokhrel, S. (2024). STRATEGI PEMBINA DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK
PESANTREN ZUBDATUL ASRAR NU KOTA PAREPARE OLEH. Αγαη,
(1), 37–48.
Rose, C., & Tracy, B. (1998). Accelerated Learning for th the 20 Century. March, 7–8.
Schmoker, M. (2019). ASCD Study Guide for Focus by Mike Schmoker STUDY
GUIDE FOR Focus Elevating the Essentials to Radically Improve Student
Learning. 3, 2–3. www.ascd.org/FocusG.
Snow, C. E., Burns, S. M., & Griffin, P. (2022). Preventing reading difficulties in
young children: Committee on the Prevention of Reading Difficulties in
Young Children. In National Research Council (Vol. 25, Issue 1).
www.nap.edu/readingroom/books/prdyc/
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya
dalam KTSP. 15–59
Refbacks
- There are currently no refbacks.