PELATIHAN MENGAJI AL- QUR’AN DENGAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM PAITON.

Muslifah Muslifah, Hanim Faiqotul Himmah, Dyah Ayu Agustina, Nabila Nur Halimatus Nadia

Abstract


Pelatihan mengaji al-Qur'an merupakan salah satu program penting dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Program ini dirancang untuk memberikan pembelajaran intensif mengenai tajwid, makharijul huruf, dan kefasihan membaca al-Qur'an, melalui metode pengajaran yang terstruktur dan efektif. Pelatihan dilakukan secara rutin dengan melibatkan pengajar berpengalaman dan menggunakan modul pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan santri, dan salah satu modul yang di gunakan oleh pondok pesantren darul ulum paiton yakni metode qur’ani sidogiri. Berdasarkan hasil evaluasi, pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an secara signifikan, baik dalam aspek teori maupun praktik. Faktor pendukung keberhasilan program meliputi komitmen santri, dukungan lingkungan pesantren, serta keberlanjutan pelatihan. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti perbedaan tingkat kemampuan santri dan keterbatasan waktu pelatihan. Secara keseluruhan, program ini memberikan dampak positif dalam menciptakan generasi yang mampu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan metode pelatihan yang lebih inovatif agar manfaatnya dapat dirasakan lebih luas.

Full Text:

PDF

References


Pondok Pesantren Sidogiri. (2020). Panduan Metode Qu’ani Sidogiri. Pasuruan: Sidogiri Press.

Rahman, A., & Fathurrahman, M. (2022). "Efektivitas Metode Qu’ani dalam Meningkatkan Kemampuan Mengaji Santri di Pesantren Tradisional". Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 123-135.

Siregar, H. (2019). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Amin, H., & Rahman, A. (2021). Pengembangan metode pengajaran Al-Qur'an di pesantren: Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 23-45.

Firdaus, M. (2019). Qu'ani Sidogiri: Metode inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Al-Qur'an Journal, 7(1), 67-80.

Hidayat, N. (2022). Peningkatan kemampuan tajwid pada santri dengan metode Qu'ani Sidogiri di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Pengajaran Islam, 10(3), 111-124.

Kurniawan, D. (2020). Strategi pengajaran Al-Qur'an di pondok pesantren: Metode dan implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4), 205-219.

Maulana, S. (2021). Evaluasi metode Qu'ani Sidogiri dalam pembelajaran Al-Qur'an di pesantren-pesantren besar. Jurnal Studi Al-Qur'an, 6(2), 58-72.

Amin, H., & Rahman, A. (2021). Pengembangan metode pengajaran Al-Qur'an di pesantren: Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 23-45.

Firdaus, M. (2019). Qu'ani Sidogiri: Metode inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an. Al-Qur'an Journal, 7(1), 67-80.

Hidayat, N. (2022). Peningkatan kemampuan tajwid pada santri dengan metode Qu'ani Sidogiri di Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Pengajaran Islam, 10(3), 111-124.

Kurniawan, D. (2020). Strategi pengajaran Al-Qur'an di pondok pesantren: Metode dan implementasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4), 205-219.

Maulana, S. (2021). Evaluasi metode Qu'ani Sidogiri dalam pembelajaran Al-Qur'an di pesantren-pesantren besar. Jurnal Studi Al-Qur'an, 6(2), 58-72.

Usman, M. (2016). Manajemen pembiayaan dalam organisasi pesantren: Studi kasus pada Pondok Pesantren Darul Ulum Paiton. Jurnal Ekonomi Islam, 9(3), 123-135.

Kementerian Agama RI. (2023). Metode Baca Al-Qur'an Qur'ani Sidogiri. Kementerian Agama

Habibi, D. H. M., Hilmy, R., & Karimah, U. (2022). Penerapan Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur'an. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(3), 916-930.ResearchGate

Rifa’i, M., Febrianto, F., Humaini, M. L., Firmansyah, M., Khoironi, W. A. R., & Hidayatulloh, R. S. (2024). Pelatihan Analisis Pengembangan Ruang Lingkup Prioritas Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Direktorat Pengasuhan Santri. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 26–49.

Sidogiri.net. (2023). Diklat Metodologi Qur'ani Sidogiri, Fokuskan pada Tata Cara Pengajaran. Sidogiri

Sidogiri.net. (2020). Metode Qur'ani Sidogiri.Sidogiri

Wijaya, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.

Dewi, H. R. H., Prasetya, B., Wati, D. Y., & Rizkillah, N. S. (2021). Pengaruh Metode Qur'ani Sidogiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an TPQ Salafiya Triwung Lor Kota Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 2(2), 84-104.

Mokhamad Rifa'i, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.

Wasik, W., Sari, M., & Sari, M. (2021). Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Qur'ani Sidogiri. Al-Mada: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 1-14.

Dewi, H. R. H., Prasetya, B., Wati, D. Y., & Rizkillah, N. S. (2021). Pengaruh Metode Qur'ani Sidogiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an TPQ Salafiya Triwung Lor Kota Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 2(2), 84-104.

Wijaya, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.

Dewi, H. R. H., Prasetya, B., Wati, D. Y., & Rizkillah, N. S. (2021). Pengaruh Metode Qur'ani Sidogiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an TPQ Salafiya Triwung Lor Kota Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 2(2), 84-104.

Mokhamad Rifa'i, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.

Wasik, W., Sari, M., & Sari, M. (2021). Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Qur'ani Sidogiri. Al-Mada: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 1-14.

Dewi, H. R. H., Prasetya, B., Wati, D. Y., & Rizkillah, N. S. (2021). Pengaruh Metode Qur'ani Sidogiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an TPQ Salafiya Triwung Lor Kota Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 2(2), 84-104.

Wijaya, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.

Dewi, H. R. H., Prasetya, B., Wati, D. Y., & Rizkillah, N. S. (2021). Pengaruh Metode Qur'ani Sidogiri dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an TPQ Salafiya Triwung Lor Kota Probolinggo. Al-Ibtidaiyah, 2(2), 84-104.

Mokhamad Rifa'i, M. Y., Syaifallah, & Rifa'i, S. (2018). Implementasi Metode Qur'ani Sidogiri dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Madin Nulul Huda Lebakrejo. Al-Murabbi: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(2), 239-250.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.