PENINGKATAN PEMAHAMAN FURUDHUL ‘AINIYAH PESERTA DIDIK DI PONDOK MAHASISWI (POMAS): INTENSIFITAS OLEH WALI ASUH

Dwi Hayatun Nufus, Cindy Eka Puspitasari, Lutfi Zakiyatul Hilalah, Ahadiyah Lailatul Ilmi

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk pemahaman furudhul 'ainiyah peserta didik. Furudhul 'ainiyah mencakup kewajiban-kewajiban mendasar, seperti aqidah, ibadah, dan akhlak, yang harus dikuasai setiap muslim untuk menjalankan kehidupan sesuai tuntunan syariah. Pengabdian kepada masyarakat ini fokus pada kegiatan meningkatkan pemahaman furudhul 'ainiyah di pesantren, pada aspek kurikulum, metode pembelajaran, dan peran pengasuh serta lingkungan pesantren. Metode pelaksanaan pengabdian yang digunakan adalah dengan cara mendeskripsikan penguatan furudul ainiyah santri melalui intensifikasi wali asuh. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi langsung pada tempat kegiatan pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Jadid, tepatnya di wilayah Az-zainiyah. Hasil penelitian ini ada beberapa strategi yang dilakukan wali asuh dalam peningkatan pemahaman furudhul ‘ainiyah peserta didik. Pertama, wali asuh melakukan pembinaan terhadap peserta didik terkait materi furudhul ‘ainiyah, Kedua, wali asuh melakukan pendampingan secara mendalam terhadap santri dengan melakukan praktek materi terhadap peserta didik. Ketiga, wali asuh mengadakan evaluasi 1 bulan sekali yang dilakukan setiap akhir bulan terhadap peserta didiknya, dengan itu, wali asuh mengetahui kemampuan dan peningkatan furudhul ‘ainiyah santri lebih tersusun dan lebih maksimal.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2020). Pendidikan Islam di Pesantren: Pembentukan Karakter dan Pemahaman Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agus, Abu Hasan R., (2020), “Reinforcement Furudhul ‘Ainiyah Santri Melalui Intensifikasi Wali Asih di Pondok Pesantren Nurul Jadid”, Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 312-327.

Aisyah, Nur., “Pendekatan Sosio Emosional Wali Asuh dalam Meningkatkan Pembelajaran Furudhul ‘Ainiyah Santri Baru”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 5 (2), 1046-1054.

Ali, M., (2021). Pendidikan dan Pembentukan Karakter di Pesantren: Studi Kasus pada Pesantren-POMAS. Yogyakarta: UIN Press.

Aziz, A., (2018). Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Agama di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 25(2), 43-56.

Azra, A., (2000). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru.

Bagus Kisworo, Ilyas, Hendra Dedi Kriswanto, (2016), “Model Pembelajaran Partisipatif Melalui Teknik Pendampingan Terhadap Tugas Diskusi Kelompok Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Santun Berdiskusi‟, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol. 5, No. 1, 9–15.

Chontesa, Mahmilia, dkk., (2019), “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di SMP PGRI 01 Karangploso Malang”, Vicratina, vol. 4, no. 1, 65–71

Dewi, A., (2020). Inovasi Pembelajaran di Pesantren: Meningkatkan Pemahaman Agama Melalui Teknologi. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 45-60.

Dhofier, Z., (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai.

Fauzan, M., (2019). Evaluasi Pendidikan Pesantren dan Penerapannya dalam Pembelajaran Furudhull 'Ainiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 30(3), 65-78.

Garliah, Lili, dkk., (2005), “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Motivasi Berprestasi”, Jurnal Psikologia, Vol. 1, No. 1, 38–47

Hani, U., Annisa, I., Widiyawati, W., Rifa’i, M., & Al-Zahra, F. (2024). PKM-MANAJEMEN KESISWAAN: PENDAMPINGAN EFEKTIVITAS KEGIATAN BACA AL-QUR’AN DALAM PROGRAM KHUSUS SISWA DI SMA TUNAS LUHUR PAITON PROBOLINGGO. BAMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Haris, A., & Wibowo, S. (2017). Metode Experiential Learning dalam Pembelajaran Agama di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 56-67.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pendidikan Pesantren. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kusnandar, A., (2020). Pengaruh Pembelajaran Interaktif terhadap Pemahaman Agama di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 12(4), 202-215.

Mansur, H., (2018). Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Masyitoh, M. H., “Habituasi Peserta Didik Melalui Program Wali Asuh Dalam Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren”, Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam.

Mufidah, S. (2016). Pemahaman Furūdul ‘Ainiyah dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam dan Masyarakat, 10(2), 101-112.

Nurmaya. G., (2022), “Analisis Perkembangan Perilaku Sosio-Emosional Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Secara Daring (Online) Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 6.1, 943–53

Ramdhani, S., (2021). Strategi Pembelajaran di Pesantren: Pendekatan Adaptif dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Ramli, N., (2019). Pendidikan Karakter di Pesantren: Membangun Generasi Muslim yang Taat dan Berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 88-97.

Rifa’i, M., Fajar, M., Anwar, A. K., Zahroni, M. I., Sakir, A., Alwi, B., & Madadi, A. (2023). PKM-Basic Education in Financing Management Student Organization in Providing Quality Services for Students in Islamic Boarding Schools. Indonesian Journal of Society Development, 2(6), 399–414.

Rifa’i, M., Febrianto, F., Humaini, M. L., Firmansyah, M., Khoironi, W. A. R., & Hidayatulloh, R. S. (2024). Pelatihan Analisis Pengembangan Ruang Lingkup Prioritas Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Direktorat Pengasuhan Santri. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 26–49.

Rifa’i, M., Muchyiddin, A., Hosen, M., Mabrur, M., Burhanuddin, S. A., bin Muhammad, U., & Fatoni, M. Y. (2022). PKM Pendampingan Pengembangan Bakat dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SD Islam Miftahul Ulum Pakuniran Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(3), 246–267.

Rifa, M. (2023). Dynamics of Salafiyah Islamic Boarding Schools: Enhancing Religious Identity and Fostering Independence. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 7(1), 30–44.

Rifai, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dan Kualitas Ekonomi Keluarga Muslim. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 1–24.

Sailin, M., Rifa’i, M., Hamzah, M., Aisyah, N., & Munif, M. (2023). MADRASAH HEAD SUPERVISION IN IMPROVING TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 1(1), 722–730.

Rizal, Saifur., “Servant Leadership Dalam Implementasi Nilai-Nilai Trilogi Dan Panca Kesadaran Santri” Journal of Chemical Information and Modeling

Sari, D. A., & Hakim, L. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 25-34.

Shaifudin, Arif., (2020), “Pendekatan Sosio-Emosional Dalam Pembelajaran”, El-Wahdah: Jurnal Pendidikan, 1.1, 18

Suslistiawati, “Penguatan Pendidikan Agama Islam Melalui Hafalan Furudhul ‘Ainiyah di SMP Nurul Jadid Paiton”, Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1 (2), Juli-Desember.

Syafi’i, M., (2020). Kitab Kuning dan Metode Pembelajaran di Pesantren Modern. Bandung: Al-Falah Press.

Wahid, A., (1987). "Pesantren dan Pembaharuan".

Wahyudi, S., (2017). Pendekatan Interaktif dalam Pengajaran Furudhull ‘Ainiyah di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam dan Kebudayaan, 22(1), 17-28.

Widyastuti, (2019). Mengoptimalkan Pembelajaran di Pesantren Menggunakan Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 32-47.

Yaqin, Muhammad Ainul., “Penguatan Karakter Religius Berbasis Kegiatan Ekstrakulikuler Furudhul ‘Ainiyah Pada Siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo”.

Yusuf, M., (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Pesantren. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 13(1), 44-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.