PKM-MANAJEMEN KESISWAAN: PENDAMPINGAN EFEKTIVITAS KEGIATAN BACA AL-QUR'AN DALAM PROGRAM KHUSUS SISWA DI SMA TUNAS LUHUR PAITON PROBOLINGGO

Ummi Hani, Ira Annisa, Widiyawati Widiyawati, Moh. Rifa'i, Fatimah Al-Zahra

Abstract


Manajemen kesiswaan harus didukung dengan aksi pendampingan siswa yang salah satunya dalam efektivitas baca Qur'an dan pengembangan tafsir amaly. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas minset masyarakat dalam merentasi kehidupan nyata. Peningkatan prestasi siswa setiap saat adalah bukti nyata efektivitas yang dimaksud. Pengabdian kepada masyarakat ini menggali informasi terkait manajemen kurikulum berbasis Qur'an di SMK Tunas Luhur Paiton. Metode pengabdian menggunakan metode pendampingan, kegiatan metode ini dilaksanakan dengan melaksanakan pendampingan pengelolaan kurikulum berbasis Qur'an selama 25 kali tatap muka pada semester ganjil tahun akademik 2023-2024. Untuk mencapai hasil belajar yang baik, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya dan untuk mencapai hasil belajar yang optimal banyak faktor yang terlibat di dalamnya, antara lain: guru, orang tua, dan siswa itu sendiri. Program pendampingan bagi siswa di SMA Tunas Luhur dilakukan dalam rangka menentukan pekerjaan tertentu, kebutuhan siswa dan kemampuan tim pengabdian masyarakat sehingga target dapat dicapai sesuai periode tertentu secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Assya'bani, Ridhatullah, Muhammad Ryan Maulana, Muhammad Rizki Maulana, Muhammad Jamil Jalal, Sandy Aulia Rahman, Muhammad Fatih, dan Ahmad Salim. 2022. "Penerapan PKM Metode Makhraji di Rumah Al-Qur'an Mahasiswa KKN Desa Padang Luar dalam Pembelajaran Al-Qur'an Tahsin." GUYUB: Jurnal Keterlibatan Masyarakat 3 (3): 221–30. https://doi.org/10.33650/guyub.v3i3.4868.

Elkarimah, Mia Fitriah, dan Ahmad Jaeni MA. 2023. "PKM Asah Kompetensi Dasar Guru/Pendidik Al-Qur'an Melalui Pelatihan Sehari Sekali." Jurnal Gembira 1 (3): 577–83.

Hamdi, Mohamad Mustafid, dan Irzhal Fauzi. 2021. "Konsep Strategi Pemasaran Jasa Edukasi." Ejournal.Uluwiyah.Ac.Id 3 (1). https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/pena/article/view/74%0Ahttps://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/pena/article/download/74/66.

Herdiansyah, Hendi. 2020. "Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Kemampuan Siswa Menghafal Al-Qur'an." Al-Idrak: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam 1 (1): 91–105. http://jurnal.stitalihsan.ac.id/index.php/alidrak/article/view/12.

Indana, Nurul, dan Leni Nurvita. 2020. "Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren di Ponpes Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang." Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4 (1): 29–51. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.129.

Khoiruddin, Heri, dan Adjeng Widya Kustiani. 2020. "Manajemen Pembelajaran Tahsin Alquran Berbasis Metode Tilawati." Jurnal Isema : Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 55–68. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546.

Pranjia, Ufara Rizki, Indah Maria Ulpa, dan Suci Putri Manthika. 2020. "Implementasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Sistem Sekolah Sehari Penuh." Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 31–43. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.5032.

Saipul Wakit, Dini Agustin. 2020. "Pelatihan Pembelajaran Al-Qur'an Menggunakan Metode Qiro'ati di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember." Jurnal Ilmu dan Teknologi Pengabdian kepada Masyarakat 6 (1): 28–33.

Somad, Momod Abdul. 2021. "Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak." QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 13 (2): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.