PERAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM)
Abstract
Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam menciptakan sistem bisnis yang didasarkan pada kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Etika bisnis Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis menanamkan nilai-nilai universal seperti shidq (kejujuran), amanah (dapat dipercaya), ‘adl (keadilan), serta larangan terhadap penipuan dan ketidakpastian (gharar) yang sangat relevan dalam praktik bisnis masa kini. Dalam konteks UMKM, penerapan prinsip-prinsip ini tidak hanya meningkatkan integritas dan citra positif bisnis, tetapi juga menjadi landasan bagi keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang. Dengan bersikap adil, transparan, dan menepati janji, UMKM mampu membangun kepercayaan dari konsumen, mitra usaha, dan masyarakat luas. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan bisnis tidak hanya ditentukan oleh keuntungan materi semata, tetapi juga oleh komitmen terhadap nilai-nilai moral dan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, penanaman etika bisnis Islam menjadi kunci untuk mewujudkan UMKM yang tidak hanya kompetitif di pasar, tetapi juga berkontribusi positif terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan beretika.
Full Text:
PDFReferences
Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 63-89.
Amelia, S., & Fasa, M. I. (2022). Pengaruh Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi Dan Distribusi Pada UMKM Terhadap Profitabilitas Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 305-313.
Mundir, A. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Usaha Kecil dan Menengah Mikro (UMKM) di Kabupaten Pasuruan. Alkasb: Journal of Islamic Economics, 2(2), 154-165.
Adji, P., & Ryandono, M. N. H. (2017). Bagaimana Pedagang Muslim Istiqomah Dalam Kejujuran?. Jurnal ekonomi syariah teori dan terapan, 4(5), 396-409.
Swandani, N. K., & Diatmika, I. P. G. (2022). Pengaruh kemudahan pengguna, kepercayaan, dan risiko terhadap minat penggunaan e-commerce (Studi kasus pada usaha kecil dan menengah di Kecamatan Klungkung). Bisma: Jurnal Manajemen, 8(2), 393-402.
Nasution, R. A., & Widjajanto, A. S. (2007). Proses Pembentukan Kepercayaan Konsumen: Studi Kasus pada Sebuah Usaha Kecil Menengah Percetakan Digital di Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi.
Fajriana, N., Irianto, G., & Andayani, W. (2020). Peran Keadilan dan Kepercayaan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Kajian Akuntansi , 4 (2), 228-244.
Rahayu, E. (2025). Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Optimalisasi Pengembangan UMKM. Jurnal Al-Istishna, 1(2), 76-88.
Rohmaniah, D., & Rohman, A. (2024). PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWALAYAN IDOLA KECAMATAN SEPULUH BANGKALAN. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Purwanti, N., & Pujawati, A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-Commerce. Al-Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3(1), 62-78.
Lestari, P. S., & Jubaedah, D. (2023). Prinsip-Prinsip Umum Etika Bisnis Islam. J-Alif: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam, 8(2), 220-232.
Adinda, r. (2022). Pengertian Etika: Macam-macam Etika & Manfaat Etika. Diambil dari https://www.gramedia.com/best-seller/pengertian-etika/?srsltid=AfmBOoqxI47jTmgIVxQTE60Ke6bEYU4EPxEexs_QrJbXPgr9-CKDc-B#Pengertian_Etika. Diakses 18 Juni 2025.
Lutfhi. (2025). Memahami Etika Bisnis dalam Islam. Darulabroribs. Diambil dari https://darulabroribs.sch.id/memahami-etika-bisnis-dalam-islam/. Diakses 18 Juni 2025.
Apa itu Etika Bisnis? Ini Tujuan, Prinsip, dan Contohnya. Diambil dari Cimbinaga.co.id.https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/etikabisnis#:~:text=Prinsip%20keadilan%20dalam%20bisnis%20berarti,lebih%20mudah%20percaya%20pada%20perusahaan. Diakses 19 Juni 2025..
Yanti, Yuli. (2022).Kehendak Bebas dalam Prinsip Etika Bisnis Islam. Kompasiana. Diambil dari https://www.kompasiana.com/yuliyanti23452/624092290bfeac61452ab672/kehendak-bebas-dalam-prinsip-etika-bisnis-islam. Diakses 20 Juni 2025.
Soukotta, Alfania, Zpica. (2024). Mengenal Etika Bisnis, Prinsip, dan Penerapannya Bagi UMKM. Diambil dari https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/mengenal-etika bisnis prinsip-dan-penerapannya-bagi-umkm. Diakses 20 Juni 2025.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Riza Wahyu Rahmanda, Renatha Aprilia, Achmad Basofitrah, Abd Rohim, Abdul Qodir
