Implementasi P5 Dalam Menerapkan Karakter Peduli Lingkungan Di SAAJA (Sekolah Alternatif Anak Jalanan)

Zubaidi Zubaidi, Miftachudin Miftachudin, Desi Setiyadi, Najma Zidny Mufidah, Fania Fadhilatun, Nazwa Aini Faton, Salwa Alya, Nabila Alya Ramadhani, Anggun Rahmawati, Muhammad Arfian, Shofie Aulia, Fatimah Al Zahra

Abstract


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, salah satunya dengan membangun kepedulian terhadap lingkungan. Program ini dilaksanakan di Sekolah Alternatif Anak Jalanan (SAAJA) di Jakarta, yang menjadi tempat bagi anak-anak dari kalangan marginal untuk mendapatkan pendidikan dan pembinaan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa melalui berbagai aktivitas edukatif yang menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan dan pola hidup sehat. Beberapa kegiatan yang dilakukan meliputi pembuatan kolase dari bahan daur ulang sebagai media pembelajaran tentang pemanfaatan limbah, praktik mencuci tangan yang benar untuk mendorong pola hidup sehat, serta cap jari berwarna yang simbolik sebagai tanda komitmen siswa dalam menjaga lingkungan. Artikel ini menguraikan latar belakang, metode pelaksanaan, hasil yang dicapai, serta dampak positif yang timbul dari kegiatan ini dalam membentuk kebiasaan siswa yang berkelanjutan. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga peduli terhadap lingkungan sekitar, sesuai dengan prinsip P5 yang mengedepankan karakter yang berbudi pekerti dan peduli sosial.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2024). Strategi Fasilitator dalam Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Batik Shibori P5 Tema Kewirausahaan SMP Negeri 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Biantoro, O. F., & Istiqlal, M. (2025). Strategi Guru dalam Membiasakan Kebersihan Lingkungan sebagai Pendidikan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 6(1), 15-30.

Fathiyah, I., Yanuari, N. F., Rayhan, N. C., Mefiana, S. A., Ambarwati, D., Juandi, D., & Prabawanto, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Masyarakat Melalui Edukasi Pemilahan dan Pengelolaan Sampah. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 888–894.

Febriani, R., Bastaman, W. N. U., & Larissa, T. (2024). Pengembangan Kemampuan Literasi Dini dan Pembuatan Prakarya Kriya Sederhana Menggunakan Metode Learning by Doing bekerjasama dengan Perpustakaan Anak di Bandung. In The Proceeding of Community Service and Engagement (COSECANT) Seminar (Vol. 4, No. 2).

Fitria, L. (2024). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia 5-6 Tahun Melalu Kolase Daun Di PAUD IT Tunas Harapan Desa Gedung Mulya Kabupaten Mesuji (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Hidayat, R., Arlista, P. D., Lailan, N. F., Dewanti, A. P., Riani, D., Andriyani, A., & Lusida, N. (2024, November). Menggali Potensi Kreatif Dengan Memanfaatkan Kertas Nasi Dalam Pembuatan Bingkai Dan Kolase Kacang Hijau Di Saung Jingga. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Nengsih, A. A., Azwar, B., & Fransiska, J. (2023). Upaya Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di SDN 18 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Putikadyanto, A. P. A., Wachidah, L. R., & Sari, S. Y. (2024). Menciptakan Generasi Peduli Lingkungan: Inovasi Ekokurikulum Berbasis Kearifan Lokal Madura di SMP Pamekasan. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 47–62.

Putri, A. T., Listarina, E., Triana, D., Ulfa, M., & Oktamarina, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 7 Palembang yang Berbasis Profil Pancasila. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 84–108.

Rarasati, P. M. D., Lapasere, S., & Rahmawati, D. (2025). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 90-104.

Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman nilai-nilai toleransi pada anak usia dini. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248-256.

Rifa’i, M. (2017). Community Empowerment in Islamic Boarding School (Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan). In M. Rifa’i (Ed.), Educations (1st ed., Vol. 01). CV. Mandiri Probolinggo.

Rifa’i, M., Diana, E., Saad, M., & ... (2021). Perencanaan Efektif Dalam Layanan Jasa: Studi Kasus Kbihu Nurul Haramain Probolinggo Jawa Timur. Indonesian Journal of …, 1(3), 136–141. http://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/75

Sabatyasno, A. Y., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya menjaga kondisi sekolah yang sehat untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas III: Tinjauan terhadap kesiapan sekolah dalam menciptakan budaya sekolah sehat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1220-1232.

Sihite, N. W., Podojoyo, P., & Yusuf, M. (2021). Edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Teratai. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(2), 181-190.

Sitorus, A. S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Di MTs As-Syarif (Doctoral dissertation, UIN Sumatera Utara).

Umboro, R. O., Ulandari, A. S., & Ramdaniah, P. (2022). Peningkatan Kesadaran Menjaga Kesehatan Diri Dan Lingkungan Pada Anak Usia Sekolah. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2027-2033.

Wasilah, A. R. (2022). Finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan seni anak usia dini di KB merak ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zachroh, V. A., & Farhana, H. (2024). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Pembiasaan Membuang Sampah. Educational Journal of Bhayangkara, 4(1), 1-9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.