PENGEMBANGAN KURIKULUM MA’HAD ALY NURUL JADID BERBASIS INTEGRASI TURATS DAN KEILMUAN KONTENPORER

Muallifah Muallifah, Nur Azizah, Nirmayani Nirmayani, Diah Ayu Dwi Tarwiyah, Lailatul Hasanah, Nuril Firdausiah Bilgis, Khoirotus Sofia, Siti Nurul Azizah, Faiqotul Fitriyah, Lailatur Riskiyah

Abstract


Ma’had Aly merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam berbasis pesantren yang memiliki misi utama mencetak kader ulama yang kompeten dalam ilmu-ilmu keislaman klasik (turats). Namun, tantangan zaman menuntut adanya pengembangan kurikulum yang tidak hanya berorientasi pada pelestarian turats, tetapi juga integratif terhadap keilmuan kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk, strategi, serta tantangan dalam pengembangan kurikulum Ma’had Aly berbasis integrasi turats dan keilmuan kontemporer. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, observasi lapangan, dan wawancara di tiga Ma’had Aly di Jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat inisiatif integratif di beberapa Ma’had Aly, proses ini masih bersifat parsial dan belum terstandarisasi. Kendala utama meliputi keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya bahan ajar integratif, dan belum adanya pedoman nasional yang eksplisit. Penelitian ini merekomendasikan perlunya desain kurikulum nasional yang adaptif, pelatihan pengajar secara berkelanjutan, serta penguatan sinergi antara tradisi keilmuan pesantren dan dinamika keilmuan modern.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. (2006). Islam dan Ilmu Pengetahuan: Integrasi dan Interkoneksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azra, Azyumardi. (2012). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Kompas.

Abuddin, N. “No Title Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam.” kencana (2007).

Adolph, Ralph. “済無No Title No Title No Title” (2016): 1–23.

Ayudia, Inge, Wilibaldus Bhoke, Rici Oktari, Maria Carmelita, Veronike Salem, Majidah

Khairani, Fitri Mamontho, and Merika Setiawati. Pengembangan Kurikulum PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL, 2023.

Departemen Agama RI. “No Title Kurikulum Pendidikan Diniyah Dan Ma’had Aly.” Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2003).

Effendy, B. “Islam Dan Negara: Transformasi Pemikiran Dan Praktik Politik.” Paramadina. (2005).

Erma Fatmawati. “INTEGRASI PESANTREN DAN PERGURUAN TINGGI STUDI TIPOLOGI DAN KURIKULUM PESANTREN MAHASISWA.” ilmiah hadi (2019).

Fazlur Rahman. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Fajri, Karima Nabila. “Proses Pengembangan Kurikulum.” Islamika 1, no. 2 (2019): 35–48.

Fatmawati, Erma. “Integrasi Pesantren Dan Pergurua Tinggi : Studi Tipologi Dan Kurikulum Pesantren Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Al – Hadi 5, no. 2 (2020): 66–77. https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/alhadi/article/view/1088/983.

Hasan, M. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayat, N. (2011). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

H. Mulyono dkk. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI BERBASIS INTEGRASI SAINS DAN ISLAM(Studi Multisitus Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Ibrahim Malang, Dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung),” no. Anggota II (2015).

Halimah, Dja’far. “Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.” Kontekstualita Volume.21, no. 2 (2006): 86–101.

Huda, Nurul. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2017): 52–75.

Junaedi, Junaedi, Abdul Wahab, and Muh. Aidil Sudarmono. “Proses Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2021): 278–287.

Khosyiin, Muhammad Imam, Abdul Kholiq, and Ifadatul Choiriyah. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan (Konsep, Model Dan Implementasi)” 3, no. 1 (2023): 1–6.

Khozin, Haris, A., & Asrori. “Pengembangan Integrasi Kurikulum.” Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–57. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd (2021).

Kuntowijoyo. “Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, Dan Etika.” Tiara wacana (2007).

Lailiy, Nuriyah. “Pengembangan Kurikulum Paradigma Integrasi Interkoneksi Di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” (2019): x.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahabatillah, K., Erhamwilda, & Agustin, M. “Analisis Pengembangan Kurikulum Merdeka Dan Implementasinya.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (2024).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. “Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd Ed.).” Thousand Oaks: Sage Publications. (1994).

Muhaimin. “Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran.” Rajawali Pers. (n.d.).

Nasr, S. H. (1993). Islamic Thought and Modern Science. Cambridge: Islamic Texts Society.

Nasr, Seyyed Hossein. (1993). Islamic Science: An Illustrated Study. London: World of Islam Festival Publishing.

Nata, A. “Pendidikan Islam Di Indonesia: Perkembangan Dan Problematika.” Grasindo (2003).

Permana, F. C., Sari, M. P., Sylviani, S., Sari, I. P., Firmansyah, F. H., & Rinjani, D. “Pengenalan Computational Thinking Dalam Menghadapi Kurikulum Dengan Pembelajaran Abad XXI Bagi Guru Sekolah Dasar.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat (2023): 1–23.

Pesantren, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang. “Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.” Dirjen Pendidikan Islam (2019).

Pribadi, R. A., Dzambiyah, A., Putri, A. O., & Rahmatin, V. S. “Integrasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Persis.” Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(1), 12. https://doi.org/10.30659/jp-sa.v4i1.33821 (2024).

Rahman, F. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.

Rifai, Nurlena, Fauzan Fauzan, and Bahrissalim Bahrissalim. “INTEGRASI KEILMUAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI UIN SE-INDONESIA: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN Dalam Kurikulum Dan Proses Pembelajaran.” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society 2, no. 1 (2014): 13–34.

Suyanto, B. (2013). Pendidikan dan Transformasi Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Safi’i, M. “Integrasi Turats Dan Ilmu Modern Dalam Kurikulum Ma’had Aly.” Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45–60. https://doi.org/10.21580/jpi.2020.9.1.4635 (2020).

Sekolah, Kurikulum, D I Sma, A L I Maksum, D I Yogyakarta Studi, Kasus Dengan, D I Yogyakarta Studi, and Kasus Dengan. “Oleh :” (2025).

Siregar, Parluhutan. “Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah.” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 38, no. 2 (2014): 335–354.

Tilaar, H.A.R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Mardinial, Gilang Luthfie Dalimunthe, Ahmad Yudha Pratama, Universitas Islam, Negeri Sumatera, Universitas Islam, Negeri Sumatera, Universitas Islam, and Negeri Sumatera. “AL-ANSOR : JURNAL PENDIDIKAN” 2 (2025).

Yusuf, M. (2015). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: LKiS.

Zuhdi, M. (2018). Islam dan Pendidikan di Era Global. Jakarta: Kencana.

Zainiyati, H. S. “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif.” Nadwa, 8(2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/583/530 (2014).

Zarkasyi, H. F. “Studi Tentang Struktur Pengetahuan Dalam Islam.” RajaGrafindo Persada. (2015).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.