menciptakan santri berakhlaq qur'ani di pondok pesantren nurul qur'an

Antasari Antasari, Mohammad Ridho, Muhammad Avil Kasyiful Asror, Muhammad Iqbal Ziani, Sandy Baihaqi, Firman Ardiansah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode dan cara yang digunakan oleh Pondok Pesantren Nurul Qur’an dalam menghasilkan santri yang berperilaku sesuai ajaran Al-Qur’an. Akhlak Qur’ani diartikan sebagai tindakan dan sikap yang diambil dari prinsip moral dalam Al-Qur’an, seperti kejujuran, kesabaran, tanggung jawab, dan kasih sayang. Dalam dunia pendidikan Islam, pondok pesantren memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai ini secara komprehensif melalui sistem pendidikan yang mendasarkan pada spiritualitas, teladan, dan kebiasaan. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung, wawancara mendalam dengan pengasuh, guru, dan santri, serta melalui analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model Miles dan Huberman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Nurul Qur’an mengimplementasikan strategi untuk membentuk akhlak Qur’ani melalui tiga pendekatan utama: (1) pembelajaran tafsir tematik mengenai akhlak dalam Al-Qur’an; (2) pengembangan spiritual dan pembersihan jiwa melalui aktivitas ibadah harian, dzikir, dan qiyamul lail; dan (3) penanaman nilai melalui teladan dari kyai dan tradisi pesantren. Beberapa tantangan yang muncul meliputi dampak negatif dari media digital, kesenjangan antara menghafal dan menerapkan Al-Qur’an, serta keterbatasan dalam personalisasi pembinaan. Meskipun begitu, pendekatan menyeluruh yang diterapkan oleh pesantren ini terbukti efektif dalam membentuk karakter santri yang menunjukkan akhlak Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali. (2008). Ihya Ulumuddin (Vol. 3). Beirut: Dar al-Fikr.

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. LP3ES.

Azra, A. (2005). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Logos.

Ibn Miskawayh. (2002). Tahdzib al-Akhlak. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Hasbullah, H. (2012). “Integrasi Nilai Akhlak dalam Hafalan Qur’an: Studi Evaluasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 145-160.

QS. Al-Baqarah: 177; QS. Al-Hujurat: 11-12; QS. Al-Isra: 23; QS. Al-A’raf: 199.

Wahid, A. (2010). “Pendidikan Akhlak di Pesantren.” Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 23-40.

Zainuddin, M. (2018). “Strategi Pembentukan Karakter Santri Berbasis Al-Qur’an di Pondok Pesantren.” Jurnal Tarbawi, 15(2), 56-73.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Latifah, A. (2020). “Model Pembelajaran Akhlak Qur’ani untuk Santri Milenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 78-89.

Susanto, H. (2019). “Transformasi Pendidikan Akhlak dalam Era Digital.” Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 113–130.01:31

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Pearson.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.01:31

Al-Ghazali. (2008). Ihya Ulumuddin. Beirut: Dar al-Fikr.

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

An-Nahlawi, A. R. (1996). Tarbiyah Islamiyah wa Asalibuha fi al-Bayt wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Damaskus: Dar al-Fikr.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE.

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.

Anwar, M. (2010). “Internalisasi Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2(1), 34–45.

Latifah, A. (2020). “Model Pembelajaran Akhlak Qur’ani untuk Santri Milenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 78–89.

Wahid, A. (2011). “Etika dan Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 56–70.01:32


Refbacks

  • There are currently no refbacks.