PENINGKATAN KENYAMANAN SISWA DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP ABDI MARIER

Sinta Nur Solehati, Cahya Najwa Fadilah S., Fina Maulidia Maryam, Jujuk Ardia Ningsih, Siti Shovia Akmalia, Sumarni Wilda Lestari, Dewi Lukluummaknunah, Siti Hilyatul Gholiyah, Siti Maysaro, Lailatun Nasilah

Abstract


Abstrak. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan siswa dalam proses belajar mengajar di SMP Abdi Marier melalui penciptaan lingkungan pembelajaran yang positif, penerapan teknik pengajaran yang bervariasi, penguatan manajemen kelas dan apresiasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, sosialisasi, dan bimbingan. Kegiatan dilaksanakan selama tiga kali seminggu dan melibatkan guru serta siswa kelas VII sebagai subjek utama. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi di lapangan. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa suasana kelas yang tertata baik, metode pembelajaran yang interaktif seperti diskusi dan proyek, serta manajemen kelas yang konsisten mampu meningkatkan kenyamanan belajar siswa secara emosional dan akademik. Selain itu, pemberian penghargaan terbukti efektif dalam menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun iklim belajar yang lebih kondusif dan bermakna di lingkungan SMP Abdi Marier.

Full Text:

PDF

References


Abdulah, M. K., Fauzi, I. K. A., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 200–208. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.149

Adolph, R. (2016). Implementasi Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di Kelas IX. 1–23.

Amalia, F. N., Batubara, H. H., Guru, P., Ibtidiya, M., Islam, U., & Walisongo, N. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS IV MI DARUL ULUM SEMARANG. 1(5), 1–10. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i5.1

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Basith, Y. (2024). Membangun Kedekatan Guru dan Murid Dalam Proses Pembelajaran. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.37567/cbjis.v6i1.2866

binti Bachtiar, E. S. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1395

Damayanti, H., Rizky, N. N., & Sofiyah, K. (2024). Pengaruh Apresiasi dan Motivasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Rendah. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(2b), 829–834.

DePorter, B., & Harnacki, M. (2015). Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Quantum Learning, 116.

Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Suciani, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ? Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1805. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022

Habbah, E. S. M., & Husna, E. N. (2024). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Pedagogi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.62872/vf2gr537

Istiqomah, E. N., Sulistyarini, A., & Khusniyah, T. W. (2023). Model Ruang Kelas Dan Implikasinya Pada Motivasi Belajar Siswa Sd: Literature Review. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 79–88. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/358

Kirana, Z. C., & Al Badri, A. N. (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. SALIMIYA: JurnalStudiIlmuKeagamaan Islam, Volume 1, 180.

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 166. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173

Mendidik, S., Artikel, I., Ruang, P., Siswa, R., & Kuriasih, N. (2024). Serumpun Mendidik Volume 01 Nomor 2, Juli 2024. 01, 81–87.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurmasari Sartono, Rusdi, D. (2017). The Influence Of Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) And Discovery Learning Toward Student Analytical Thinking Skills 27 High School Jakarta On The Matters Of Immunity System. Jurnal Pendidikan Biologi (Biosferjpb), 10(1), 58–59.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Sa’diyah, H., Islamiah, R., & Fajari, L. E. W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok: Literature Review. Journal of Professional Elementary Education, 1(2), 148–157. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2.19

Sejati, S. (2018). Hierarki Kebutuhan Menurut H. Maslow Dan Relevansinya Dengan Kebutuhan Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam. 1–97.

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Sundari, E. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Susanto, P. (2019). Manajamen Kelas Yang Efektif. Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.

Tambak, S. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444

Ummah, M. S. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inquiry. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wahyuni, N., Battuta, U., & Battuta, U. (2022). Strategi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. 7(2), 34–41.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222

Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah, 10(1). https://doi.org/10.55171/jad.v10i1.690


Refbacks

  • There are currently no refbacks.