PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA ASING BAGI SISWI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING

Rizki Kamilia, Anisulil Fikriyah, Berta Safira, Eka Musdalifah

Abstract


Pendampingan peningkatan kompetensi berbahasa asing bagi siswa merupakan suatu upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing secara efektif. Program ini melibatkan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis siswa melalui pendekatan yang interaktif dan berbasis pada kebutuhan individu. Dalam pelaksanaannya, pendampingan ini menggabungkan metode pembelajaran yang variatif, seperti pembelajaran kontekstual, latihan percakapan, dan penggunaan teknologi, yang diharapkan dapat mengoptimalkan perkembangan kompetensi bahasa siswa. Selain itu, program ini juga memfasilitasi siswa untuk lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa asing di berbagai situasi komunikasi, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Pendampingan ini diharapkan dapat mendorong siswa untuk memiliki keterampilan bahasa asing yang lebih baik, sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Full Text:

PDF

References


Al-Dabbagh, S. (2018). Pengajaran Bahasa Arab untuk Pesantren: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alimuddin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Asing dalam Konteks Pendidikan Pesantren: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(1), 24-38.

Bahar, M., & Sultan, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris melalui Teknologi di Sekolah Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Masyarakat, 20(3), 100-115.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. Pearson Longman.

Budi, S. & Lestari, R. (2018). Pengembangan Kompetensi Bahasa Inggris Santri melalui Pendekatan Komunikatif di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 15(1), 34-45.

Ginting, S., & Nugroho, H. (2018). Pendampingan Pendidikan Bahasa di Pesantren: Perspektif dan Implementasinya. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(3), 134-145

Rahmawati, A. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Pesantren: Studi Kasus di Pesantren X. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 76-89.

Rifa’i, M., Al Zahra, F., Abdurrahman, A., & Saad, M. (2021). Manajemen pengembangan kurikulum berorientasi pada pembentukan karakter. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(2), 126–136.

Rifa’i, M., Muchyiddin, A., Hosen, M., Mabrur, M., Burhanuddin, S. A., bin Muhammad, U., & Fatoni, M. Y. (2022). PKM Pendampingan Pengembangan Bakat dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SD Islam Miftahul Ulum Pakuniran Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 3(3), 246–267.

Rifa’i, M., & Sunariya, E. (2020). Life Skill Education Through Extracurricular Religion In The Tunadagsa Children In SLBN Gending. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(2), 357–364.

Salam, M. (2019). Model Pembelajaran Bahasa Asing di Pesantren: Menyongsong Era Globalisasi. Al-Tarbawi, 7(2), 112-128.

Setiawan, A. R., & Putri, D. E. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Proyek di Pesantren: Pendekatan Praktis untuk Santri. Jurnal Pendidikan Islam dan Bahasa Inggris, 5(2), 88-99.

Siti Hajar, A. (2019). Pentingnya Bahasa Inggris dalam Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(3), 110-125.

Sudirman, A. (2016). Pendampingan dalam Pembelajaran Bahasa Asing di Pesantren: Studi Kasus di Pesantren X. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 55-70.

Sudirman, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Santri di Pesantren: Analisis dan Rekomendasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 11(4), 112-123.

Sulaiman, N. (2013). Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren: Analisis terhadap Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Nurul Jadid. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 85-100.

Supriyono, P., & Hariyanto, R. (2015). Strategi Peningkatan Kemampuan Bahasa Asing bagi Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(4), 32-40.

Tuan, L. T. & Mai, T. T. (2015). Peran Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 3(5), 51-58.

Widodo, H. P., & Hidayati, N. (2019). Teaching English to Young Learners in the Indonesian Context. TEFLIN Journal, 30(2), 201-214.

Zahra, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris di Pesantren: Perspektif dan Praktik Pengajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris dan Pembelajaran, 9(4), 67-81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.