PENDAMPINGAN SETOR HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI LEMBAGA PUSAT PENDIDIKAN ILMU AL-QUR’AN

Damar Cahya Pratiwi, Kuni Zakiyah, Adinda Dafina Natasabila, Siti Robiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan program pendampingan setor hafalan Al-Qur'an bagi santri di Lembaga Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur'an (PPIQ) di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan seluruh anggota pengabdian masyarakat dalam mendampingi dan menilai kelancaran hafalan santri. Program ini terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan penentuan target hafalan berdasarkan kemampuan individu, penyusunan jadwal hafalan, dan pemilihan pendamping yang kompeten. Tahap pelaksanaan mencakup setoran hafalan, koreksi kesalahan, bimbingan tajwid dan tartil, serta motivasi untuk mempertahankan semangat hafalan. Monitoring dan evaluasi dilakukan melalui laporan perkembangan hafalan dan ujian periodik. Metode yang diterapkan meliputi talaqqi, murojaah, peer teaching, dan pemberian motivasi kepada santri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualita

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2019). Pengaruh Pendampingan Intensif terhadap Daya Ingat dan Komitmen Santri dalam Program Hafalan Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 112-125.

Abdul Rahman, Muhammad. (2016). Pendidikan Al-Qur'an dalam Konteks Modern: Tantangan dan Solusi. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Abdullah, S. (2021). Kajian Literatur tentang Evaluasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 10(4), 98-110.

Adnan, A. (2017). Program Pembelajaran Hafalan Intensif: Studi di Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Islam Terapan, 12(2), 45-60.

Ahmad, M. S. (2018). "Talaqqi: Metode Tradisional yang Efektif dalam Menghafal Al-Qur'an". Al-Ma'arif: Jurnal Ilmu Agama, 12(1), 35-42.

Al-Ghamdi, S. (2018). Metode Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Al-Qur'an: Pendekatan Personal dan Langsung. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 11(1), 58-71.

Al-Qaradhawi, Yusuf. (2000). Fiqh al-Zakat (Fikih Zakat). Dar al-Tawhid.

Al-Qarni, A. (2020). Relevansi Penelitian Pendidikan Al-Qur'an bagi Akademik dan Prakti


Refbacks

  • There are currently no refbacks.