PEMBELAJARAN BINA BACA AL-QUR’AN DAN FURUDUL ‘AINIYAH DILEMBAGA I’DADIYAH

Yeni Dwi Masruroh, Hilmy Mufidah, Wasi’atul Karamiyah, Ilaika Samaul Husna

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Bina Baca Al-Qur’an dan Furudul ‘Ainiyah di lembaga I’dadiyah sebagai bagian dari upaya penguatan kompetensi dasar keagamaan pada peserta didik. Fokus utama adalah metode pengajaran, efektivitas, dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Kajian ini mengungkap bahwa pembelajaran Bina Baca Al-Qur’an bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil sesuai kaidah tajwid, sedangkan Furudul ‘Ainiyah berfokus pada pemahaman ilmu-ilmu fardu ‘ain seperti akidah, fikih, dan akhlak. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran pengajar, metode interaktif, dan dukungan lingkungan belajar dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Temuan ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum yang integratif dan berkelanjutan di lembaga pendidikan I’dadiyah.

Full Text:

PDF

References


Agus R, Abu Hasan, dan Firdausul Jannatul Aliah. 2020. “Reinforcement Furudul ‘Ainiyah Santri melalui Intensifikasi Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid.” ISLAMIKA 2 (2): 312–27. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.797.

Aisyah, N., & Zakiyah, F. (2023). Pendekatan Sosio Emosional Wali Asuh dalam Meningkatkan Pembelajaraan Furudhul ’Ainiyah Santri Baru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1046 1054.https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4814.

Fitriyah, L., & Mas’ula, W. (2021). Program Wali Asuh Dalam Meningkatkan Kualitas Kontrol Diri Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Islam Nusantara, 05(02), 1–12. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i2.286.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42.

Gustin Rif ’aturrofiqoh. Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas IV MIN 7 Bandar Lampung. Skripsi: Universitas Islam Raden Intan Lampung, 2018.

Halisa, Novia Nour. 2020. “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia ‘Sistem Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi dan Pelatihan’ Terhadap Keunggulan Kompetitif: Literature Review.” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 1 (2 Desember): 14–22. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i2.168.

Herdiani, R., Saryani, Y., Fajriani, H., & Galura Gumelar, R. (2023). Efektivitas Pembelajaran Terbaru Melalui Spada Untirta Sebagai Metode Kajian Difusi Inovasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 9(1), 348–358. https://doi.org/10.5281/zeno.

Ilmy, Alfi Najmatil, Abd Hamid Wahid, Chusnul Muali, Universitas Nurul, and Jadid Paiton, „Urgensi Keterlibatan Wali Asuh Dalam Dinamika Pendidikan Di Pesantren‟, Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), volume, 6.nomor, 1 (2018), 45

Khoirotunnisa’, Khoirotunnisa’, Noor Amirudin, dan Ode Moh Man Arfa Ladamay. 2021. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PEGON KITAB KUNING SANTRI MADIN AL-MUTTAQIN DUDUKSAMPEYAN.” TAMADDUN 22 (2): 121. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v22i2.3611.

Maisyarah, A., Iswantir, I., Lindawati, S., Ermita, E., & Elvita, E. (2023). Efektivitas Penggunaan Buku Gefa (Gerakan Furudul Ainiyah) Dalam Meningkatkan Ibadah Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 120–125. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.105

Moh. Rofiki, & Jamilatun Hasanah. (2021). Mengupas Manajemen Pembelajaran I’dadiyah Pesantren Nurul Jadid Dalam Bina Baca Al-Quran Dan Furudul ‘Ainiyah. Jurnal AlMurabbi, 6(2), 11–23. https://doi.org/10.35891/amb.v6i2.2527

Rahayu, Arum Putri. t.t. “PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI BIMBINGAN BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA GIRIMULYO.”

Syarifudi, Ahmad, „Peran Pengurus Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Santri Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Muftahul Huda Malang‟, Vicratina: Abu Hasan Agus R & Firdausul Jannatul Aliah Volume 2, Nomor 2, Juli 2020 327 JUrnal Pendidikan Islam, Volume, 4.Nomor,1 (2019), 65–7

Suyantiningsih, M. Ed. (2022). Matakuliah inovasi dan difusi pendidikan. Matakuliah Inovasi Dan Difusi Pendidikan, 1, 1–17.

Yaqin, Muhammad Ainul, Moh Rifa’i, Fatimah Al Zahra, Moh Rofiki, Eka Diana, Mukhlisin Saad, Ahmad Tijani, dan Malikul Habsy. 2022. “PKM PELATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN BAGI PENGURUS ORGANISASI SANTRI ISMAH:(Studi Kasus pada Organisasi Ikatan Santri Pondok Pesantren Badridduja Wilayah Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo).” NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (3): 57–73.

Yaqin, Muhammad Ainul, „Penguatan Karakter Religius Berbasis Kegiatan Ekstrakulikuler Furudhul ‟Ainiyah Pada Siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo‟ (Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim malang, 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.