PENDAMPINANG PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TALQIN DI DESA SALAK RANDUAGUNG LUMAJANG
Abstract
Metode pembelajaran Al-Qur'an di desa memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam, terutama di kalangan masyarakat desa Salak Randuagung Lumajang yang cenderung memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai metode pembelajaran Al-Qur'an yang diterapkan di desa-desa, serta mengevaluasi efektivitasnya dalam membentuk generasi yang qur’ani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara kepada pengajar dan peserta didik di beberapa desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang umum diterapkan antara lain adalah pengajaran dengan menggunakan sistem klasikal, tahfiz, dan pengajaran berbasis teknologi. Selain itu, pendekatan yang lebih tradisional seperti pembelajaran secara mengaji kelompok atau TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) juga masih banyak ditemukan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi meliputi kurangnya sumber daya manusia yang terlatih, fasilitas yang terbatas, dan rendahnya tingkat partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran. Meski demikian, keberadaan berbagai metode ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pemahaman Al-Qur'an di masyarakat desa, meskipun masih perlu adanya peningkatan dalam kualitas dan efektivitas pengajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih inovatif dan efektif di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.
Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….
Alfiyati. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.
Arimbi Pamungkas1, A. T. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.
Armai, Arief Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press 2002 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung, Syaamil Al-Qur’an, 2007.
Cucu Susianti, Efektifitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan kemampuan Menghafal Anak Usia Dini. Vol.2 No.1, 2016. hal. 12
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Perum Balai Pustaka, 1988. Efferi Adri, Materi dan Pembelajaran Qur’an Hadits MTs-MA, STAIN Kudus, 2009.
Hidayat Adi, At-Taisir Mushaf Hafalan, Bekasi Selatan, Quantum Akhyar Institute, 2018 Maftuhin Arif dkk, Islam dan Disabilitas:dari teks ke konteks, Yogyakarta, Gading 2020.
IMPLEMENTASI TURJUMAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP IT DAARUSSALAM (Vol. 15, Issue 1). https://republika.co.id/berita/pxr42s374/pesan-
Kendala metode talqin talaqqi. Skripsi. https://repository.uin-suska.ac.id/29884/2/UPLOAD.pdf Tamara, R. (2022).
Manastas Lagita, Strategi mengajar siswa tunanetra, Yogyakarta, Imperium, 2014. Nashr Yasir, Kecil-kecil jadi Hafizh, Sukoharjo, Kiswah Media,2015.
Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20–29.
Muktafi, A., & Umam, K. (n.d.). Implementasi Metode Talaqqī dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. In Website: Journal (Vol. 8, Issue 2).
Ogi Saputra, Abdussalam, Y., & Slamet Muliono Redjosari. (2022). Upaya Pengenalan Bahasa Arab Dasar dengan Metode Talqin kepada Anak TPQ Ar-Rahmah Dusun Pacet Selatan. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.36701/wahatul.v3i1.466
Pangastuti, R. (2017). Proceedings of The 2 nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Pembelajaran Al-Quran Anak Usia Dini melalui Metode “‘Wafa.’” 2, 109–122. http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2
Pemda, J. R., No, P., Cibinong Bogor, S., Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Kajian Pustaka).
Raudatul Zannah, R., Hendri Mulyana, E., & Pendidikan Indonesia, U. (n.d.). PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA POLA ASUH DEMOKRATIS (Systematic Literature Review). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index Selvi Anggraini. (2020).
Rifa’i, M., Al-Khozaini, F., Solehah, S. R., Ma’nuna, D., Al-Zahra, F., & Saad, M. (2023). Student Management Assistance; Strengthening Literacy of Telling Story and Religious Speech in Extracurricular Activities at Bhakti Pertiwi Junior High School. Gemeinschaft: Journal of Social and Community Engagement, 1(2), 97–106.
Rifa’i, M., Fajar, M., Anwar, A. K., Zahroni, M. I., Sakir, A., Alwi, B., & Madadi, A. (2023). PKM-Basic Education in Financing Management Student Organization in Providing Quality Services for Students in Islamic Boarding Schools. Indonesian Journal of Society Development, 2(6), 399–414.
Rifa’i, M., Febrianto, F., Humaini, M. L., Firmansyah, M., Khoironi, W. A. R., & Hidayatulloh, R. S. (2024). Pelatihan Analisis Pengembangan Ruang Lingkup Prioritas Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Direktorat Pengasuhan Santri. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 26–49.
Rifai, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dan Kualitas Ekonomi Keluarga Muslim. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 1–24.
Salaffudin AS, Ngaji Metal (Metode Talqin), (Jakarta Selatan: Jagakarsa Wali Pustaka, 2018), hal.136
Susianti, C., “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Anak Usia Dini” Tunas Siliwangi 2(1), 1-19. 2016)
Wahidah Annis Noviana Rahmat Yani. (2020). PEMBELAJARAN HAFALAN ALQUR’AN METODE TALQIN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TAHFIDZ JAMILURRAHMAN, BANTUL LEARNING OF MEMORIZING AL-QUR’AN BY TALQIN METHOD OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS AT RA TAHFIDZ JAMILURRAHMAN, BANTUL.
Widiyawati, A., & Khairiyah, A. (2022). Implementasi Metode Talqin Talaqqi Di SD Qurrota A’yun Yogyakarta. An-Nawa : Jurnal Studi Islam, 4(2), 161– 171. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i2.542
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hal. 2
Refbacks
- There are currently no refbacks.