STRATEGI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROGRAM UBUDIYAH DI PESANTREN: PERSPEKTIF MANAJERIAL DAN SPIRITUALITAS

Hudifaturrohmah Hudifa, Ni’matus Silmi Aulia, Badria Badria, Lailatul Fitria

Abstract


Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan spiritualitas santri melalui berbagai program keagamaan, salah satunya adalah program ubudiyah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah santri, membangun kedisiplinan, serta memperdalam pemahaman agama. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan strategi yang efektif yang menggabungkan perspektif manajerial dan spiritualitas. Perspektif manajerial fokus pada perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan yang terstruktur untuk memastikan kelancaran program, sementara perspektif spiritualitas menekankan pada pemahaman mendalam dan penghayatan terhadap nilai-nilai ibadah yang dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dan menawarkan strategi-strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan mutu layanan program ubudiyah di pesantren, dengan mempertimbangkan kedua perspektif tersebut. Pengelolaan yang baik melalui perencanaan jadwal, pembagian tugas yang jelas, serta evaluasi rutin menjadi elemen manajerial yang penting, sementara pendekatan yang mendalam terhadap spiritualitas santri dapat dilakukan melalui pembinaan, pengajaran makna ibadah, dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan rohani. Dengan penerapan strategi yang komprehensif, diharapkan program ubudiyah dapat berjalan efektif, meningkatkan kedisiplinan ibadah, serta memperkuat spiritualitas santri di pesantren.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an, S. (2008). Manajemen Pendidikan di Pesantren. Jakarta: Gema Insani.

Amin, M. (2004). Manajemen Pendidikan Islam di Pesantren. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2010). Manajemen Pendidikan di Pesantren dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aslam, M. (2017). Pesantren dan Manajemen Pendidikan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basyir, M. (2011). Manajemen Pesantren dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Surabaya: Al-Ikhlas.

Davis, A., & Clarke, A. (2011). Manajemen Pendidikan dalam Konteks Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo.

Dewi, L. (2014). Pesantren dan Pendidikan Karakter Berbasis Manajemen Pesantren. Malang: UM Press.

Fajar, A. (2013). Model Pengelolaan Pendidikan Pesantren: Perspektif Modern dan Tradisional. Malang: UMM Press.

Fatimah, R. (2012). Model Pembelajaran di Pesantren dengan Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Hasan, S. (2014). Strategi Manajemen Pendidikan di Pesantren dalam Menghadapi Tantangan Zaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, T. (2012). Manajemen Pesantren: Pengelolaan dan Pengembangan Pesantren di Era Globalisasi. Jakarta: Kencana.

Huda, A. (2015). Manajemen Pendidikan Islam dan Pengelolaan Pesantren. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ismail, S. (2016). Pengelolaan dan Pembelajaran di Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Amanah.

Kurniawan, A. (2012). Pengelolaan Pesantren sebagai Lembaga Pendidikan dan Dakwah. Surabaya: Insan Cendekia.

Muhtadi, H. (2016). Inovasi dalam Manajemen Pendidikan Pesantren di Era Globalisasi. Jakarta: Al-Ghazali Press.

Muthohar, A. (2007). Manajemen Pendidikan di Pesantren: Perspektif dan Praktik di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Rifa, M. (2023). Dynamics of Salafiyah Islamic Boarding Schools: Enhancing Religious Identity and Fostering Independence. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 7(1), 30–44.

Rifai, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dan Kualitas Ekonomi Keluarga Muslim. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 1–24.

Rifai, M., & Zahro, S. F. (2023). STRATEGIES AND CHALLENGES: MADRASAH PRINCIPAL LEADERSHIP IN ENHANCING TEACHER PERFORMANCE FOR ACADEMIC EXCELLENCE. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 5(1), 36–46.

Nashir, M. (2009). Manajemen dan Organisasi Pesantren. Jakarta: Raja Grafindo.

Nawawi, H. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Pesantren. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

Rohman, F. (2015). Manajemen Pendidikan Islam dan Pesantren dalam Masyarakat Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Safitri, S. (2014). Manajemen Pesantren dan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: UMM Press.

Salim, M. (2013). Pengelolaan Pendidikan di Pesantren dengan Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Islam Negeri (UIN).

Sulaiman, N. (2017). Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren di Era Digital. Surabaya: Jurnal Pendidikan Islam.

Syafii, A. (2013). Pengelolaan Pendidikan Pesantren dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarmizi, R. (2011). Pengelolaan Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Al-Mizan.

Taufik, H. (2015). Penerapan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Pelajar.

Taufiq, A. (2015). Manajemen Pesantren dan Kualitas Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umar, A. (2017). Pesantren dan Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Wahid, A. (2016). Manajemen Pesantren dan Model Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, S. (2014). Evaluasi Manajemen Pendidikan Pesantren. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Zaini, M. (2008). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Pesantren. Surabaya: Al-Ikhlas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.