PKM- BARCODING SISTEM BIDANG SARANA DAN PRASARANA DALAM MEWUJUDKAN ADMINISTRASI YANG IDEAL DI STEBI BAMA (SEKOLAH TINGGI EKONOMI DAN BISNIS ISLAM BADRI MASHDUQI PROBOLINGGO).

Moh. Rifa'i, Fatimah Al-Zahra Mukhlisin, Khoirun Nisa'

Abstract


Barcoding system para sarana lembaga pendidikan merupakan langkah baik dalam meningkatkan layanan berkaitan dengan fasilitasi sarana kepada pengguna pendidikan. Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research), yang diawali diagnosis, mapping, action, pengamatan observe, dan menyusun teoritisasi pendekatan terbut secara spesifik diawal dengan metode survey lapangan dan analisis masalah yang berkembang di lapangan, fokus group discussion, analisis SWOT, mini workshop, tindakan langsung di lapangan. Hasil pengabdian ini adalah FGD Perencanaan Dokumentasi Sarana dan Prasarana, Survey Lapangan Berkaitan dengan Kebutuhan Dokumentasi Sarana dan Prasarana,Pendataan Inventaris Barang, Pembagian Tugas bagi Peserta PKM Pendokumentasian Sarana dan Prasarana, Pembuatan Barcode, Penempelan Barcode pada Setiap Inventaris Barang.

Full Text:

PDF

References


Islamic, J., & Manajemen, E. (2019). Ike Malaya Sinta. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Adamsen, B., & Swailes, S. (2018). Managing talent: Understanding critical perspectives. In Managing Talent: Understanding Critical Perspectives. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95201-7

Alwi, B., Rohmah, M., Muhtadi, M. S., Anggraini, N. A., Yusrohlana, S., & Yunilasari, D. (2021). Pendampingan Fikih Marital bagi Remaja Putus Sekolah. 2(1), 38–54. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i1.1963

Rifa, H. M., & Pd, M. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN KONSUMEN SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN OMSET USAHA RITEL Abstract : : صخلملا بذج ىلإ اذه جاتحي . ةئزجتلا تاعيبم مجح ةدايز لجأ نم ةلاعف ةيجيتارتسا كلهتسملا تاجايتحا ليلحت دعي تاجايتحا ليلحت ةيجيتارتسا ذيفنت ةيفيك مهفو ةفرعم للاخ نم. 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.