PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR KEPADA JAMAAH UMRAH PT. NUR HARAMAIN MULIA

Ahmad Tijani

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi ekonomi Dan Bisnis Islam Badri Mashduqi Patokan Kraksaan Probolinggo. Pelayanan yang ditunjukkan di PT Nur Haramain Mulia, yaitu adanya sikap (attitude) dari pegawai yang tidak sesuai dengan sistem kerja (budaya kerja) yang sesuai dengan motto tersebut yaitu melayani jama’ah dengan tulus, kurangnya profesionalisme, dan masih adanya masalah keterlambatan pembuatan paspor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa permasalahan terjadi ketika ada pengajuan pembuatan paspor. Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman kepada jama’ah sebelum membuat paspor. Data pengabdian ini menggunakan data observasi, wawancara, pemanfaatan teknologi dan dokumentasi. Maka dari itu, mengenai ketepatan waktu, kemudahan pembuatan paspor, keramahan dan kesopanan karyawan dan kesesuaian biaya harus dilakukan dengan baik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.