PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN: STUDI KUANTITATIF MIE GACOAN PROBOLINGGO

Muhammad Irsyad Baitussalam, Achmad Basofitrah, Septiana Khoirunnisak, Muhammad Samir Hadromi, Dalilatis Salamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan pada Mie Gacoan cabang Probolinggo. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei eksplanatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang merupakan konsumen Mie Gacoan di Probolinggo yang mengetahui program CSR perusahaan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan dengan kontribusi sebesar 43,2%. Program CSR yang meliputi tanggung jawab sosial, ekonomi, dan lingkungan terbukti mampu meningkatkan persepsi positif konsumen terhadap perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan CSR yang konsisten dapat menjadi strategi efektif dalam membangun dan memperkuat citra perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk terus mengembangkan dan mengkomunikasikan program CSR secara berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Sugiarti, Ni Wayan. (2015). Pengaruh Persepsi tentang Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan yang Dimediasi oleh Citra Merek. E-Jurnal Manajemen, 4(9), 2573–2589. journal.untar.ac.id+3ojs.unud.ac.id+3ojs.unud.ac.id+3

Sofyan, Mariyudi. (2022). Pengaruh CSR Perusahaan terhadap Citra Merek dan Loyalitas Merek. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 1–10. journal.uii.ac.id

Ranisa, Dira & Nurdin, Hanifah. (2022). Efektivitas CSR dalam Meningkatkan Citra Perusahaan PT. ASN: Indonesia. SADIDA, 2(1), 61–80. journal.ar-raniry.ac.id

Tsabitha, Azzahra. (2024). Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Citra Perusahaan pada PT. Crown Worldwide Indonesia. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 302–312. journal.aspirasi.or.id

Virana, Tiara Anindya. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(1), 1–10. journal.um-surabaya.ac.id

Astiti, Ni Putu Yeni & Saitri, Putu Wenny. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kesejahteraan Masyarakat dan Citra Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 4(1), 1–10. ojs.pnb.ac.id

Safitri, Niken & Risanto, Yusuf. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra PT. Gudang Garam, Tbk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1), 1–10. jimfeb.ub.ac.id+1jimfeb.ub.ac.id+1

Pitri, Alisya & Wahyuni, Fitri. (2025). Dampak Implementasi CSR terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Konsumen. FISKAL: Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen, 1(01), 21–26. ejournal.almusthofa.org

Aryawan, Made & Rahyuda, I Ketut & Ekawati, Ni Wayan. (2020). Pengaruh Faktor Corporate Social Responsibility (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 9(1), 1–10. ojs.unud.ac.id+1ojs.unud.ac.id+1

Budiarianto, Bayu. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan PT. PLN (Persero) (Studi pada Masyarakat Kota Malang yang Menggunakan Bank Sampah Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(1), 1–10. jimfeb.ub.ac.id

Kencana Sari, Made Diah & Kusuma, A.A. Gd. Agung Artha. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Word of Mouth yang Dimediasi oleh Citra Perusahaan di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 7(9), 1–10. ojs.unud.ac.id

Ariwangsa, I Wayan & Mahyuni, Luh Putu. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepuasan Nasabah, Citra Perusahaan, dan Ekuitas Merek terhadap Preferensi Merek Bank BPD Bali. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 1–10. journal.untar.ac.id

Wijaya, Husni Falah. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan (Survei pada Masyarakat Penerima Program CSR PT. Pindad (Persero) di Kelurahan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 19(1), 1–10.journal.untar.ac.id

Handayani, E. N. (2012). Analisis Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Corporate Reputation, Brand Equity, dan Social Equity Brand (Studi Kasus pada Merek Lifebuoy dari PT Unilever). Universitas Indonesia, Jakarta.journal.untar.ac.id

Kotler, Philip & Lee, Nancy. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and YourCause.Wiley.journal.untar.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Irsyad Baitussalam, Achmad Basofitrah, Septiana Khoirunnisak, Muhammad Samir Hadromi, Dalilatis Salamah


Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Haramain: Jurnal Manajemen Bisnis
Published by Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Badri Mashduqi (STEBI BAMA) Jl. Ir. H. Juanda No. 371 Patokan Kraksaan Probolinggo Kode Pos: 67282