STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI TOKO PUTRI PONDOK PESANTREN AL-MASHDUQIAH

Naylal Fithri, Firda Amelia Putri, Nur Iftah Maufida, Robiyatul Adawiyah, Roiqotul Fitria, Shevina Nazalia Rachmadini

Abstract


Toko Putri di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah berfungsi sebagai penyedia kebutuhan santri dan masyarakat sekitar. Dalam era persaingan yang semakin ketat, kualitas layanan menjadi faktor utama dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Jurnal ini menggunakan metode studi pustaka untuk menganalisis berbagai strategi komunikasi bisnis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas layanan di Toko Putri, dengan merujuk pada literatur yang diterbitkan setelah tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi bisnis yang diterapkan di Toko Putri Pondok Pesantren Al-Mashduqiah dalam upaya meningkatkan kualitas layanan. Komunikasi yang efektif menjadi kunci untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pelatihan karyawan dalam keterampilan komunikasi terbukti meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan yang ramah dan responsif. Penerapan sistem umpan balik juga memberikan wawasan berharga bagi manajemen untuk melakukan perbaikan berkelanjutan dalam layanan yang diberikan. Dengan menerapkan strategi komunikasi yang tepat, Toko Putri berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas yang kuat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi komunikasi bisnis di sektor ritel, khususnya di lingkungan pondok pesantren. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi toko-toko lain yang ingin meningkatkan kualitas layanan melalui komunikasi yang efektif.

References


Azizah, Rizka, Revana Anggraeni, and Yowa Selvia Bayu Mustika. 2024. “Peran Perlindungan Konsumen Dalam Era Digitalisasi Perbankan Bagi Konsumen.” OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 4(2):221–33.

Bharmawan, Agus Surya, Naufal Hanif, and others. 2022. Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Scopindo Media Pustaka.

Cahyani, Naomi Lasro, Devid Trinaldo Simatupang, Nensi Lapotulo, and Okki Kurnia. 2024. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS KAMAR HOTEL UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN TAMU DALAM ASIALINK HOTEL BATAM BY PRASANTHY.” Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata 7(2):168–76.

Cholik, Cecep Abdul. 2021. “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT Dalam Berbagai Bidang.” Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan 2(2):39–46.

Geret, Marta, Ade Yelviana, Afreliya Sagitary, Amelya Fitri, Indah Kurnia Putri, and Ramdani Bayu Putra. 2023. “Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Transmart Padang.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Nusantara 1(1):14–19.

Haro, Andrian, Kushariyadi Kushariyadi, Widyawati Widyawati, Nida Nurlivi Fauziyah, and Loso Judijanto. 2024. Perilaku Konsumen: Esensi, Posisi, Dan Strategi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Melvia, Dwi Arta. 2024. “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Menjaga Loyalitas Donatur Di Lazis Nurul Falah Surabaya.” Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS) 5(2):41–51.

Nono, Yosefina Kristina M., and Ami Purnamawati. 2021. “EFEKTIVITAS MEDIA KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMPROMOSIKAN KOPERASI PEGAWAI DINAS KOPERASI (KPDK) 12 JULI JAWA BARAT.” Adaptasi Dan Sinkronisasi Kebijakan Pembangunan Memanfaatkan Momentum New Normal Pasca Covid-19 301–14.

Putri, Thabina Carissa, and Hudi Santoso. 2025. “Implementasi Pemasaran Digital Pada Media Sosial Instagram Deustchkursebildung.” JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora 4(2):119–33.

Ratih, I. S., Ridho, Z., & Aisyah, S. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Manajemen Bisnis Kuliner. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 1(2), 173-187.

Ridho, Z., Aisyah, S., & Mannan, A. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UKM Sate Khas Madura. ILTIZAMAT: Journal of economic sharia law and business studies, 2(2), 88-99.

Ridho, Z., Hidayat, M. I., & Rahman, T. (2024). Integrasi Manajemen Dan Etika Bisnis Islam Dalam Layanan Ibadah Umrah. Iltizam: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(2), 70-82.

Sasikirana, Irena Dinar Vania, Aulia Safira Dewi, Queena Aurora Khayzuran, Sabrina Puspa Firdausy, and Denny Oktavina Radianto. 2024. “Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan Di Era Digital.” Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 3(2):166–77.

Sifwah, Mudrika Aqillah, Zidna Zaena Nikhal, Anggi Puspita Dewi, Neuneu Nurcahyani, and Ratna Nur Latifah. 2024. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Management Accounting, Tax and Production 2(1):109–18.

Sukomardojo, Tekat. 2023. “Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif Di Indonesia.” Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume 5(2):205–14.

Syafira, Anisa, and Abdur Rohman. 2024. “Penerapan Strategi Promosi Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Di Mie Marlena, Banyu Sangkah Tanjung Bumi Bangkalan.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2(6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Naylal Fithri, Firda Amelia Putri, Nur Iftah Maufida, Robiyatul Adawiyah, Roiqotul Fitria, Shevina Nazalia Rachmadini